Kepala BPBD Kabupaten PALI, Drs Rusman Firman.

Kepala BPBD Kabupaten PALI, Drs Rusman Firman.

PALI, HS – Masih tingginya curah hujan di wilayah Bumi Serepat Serasan sejak awal November lalu diperkirakan akan terus berlangsung sampai bulan April 2017.

Informasi tersebut disampaikan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten PALI Drs. Rusman Firman.

Rusman memetakan bahwa wilayah Kabupaten PALI termasuk daerah yang diperkirakan curah hujannya cukup tinggi khususnya di Kecamatan Talang Ubi.

“Menurut perkiraan dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), bahwa PALI termasuk di wilayah provinsi Sumsel dengan curah hujan cukup tinggi, dan keadaan itu akan berlangsung sampai bulan April,” jelasnya, Senin (28/11).

Rusman mengatakan bahwa BPBD akan mengajak instansi terkait untuk siaga antisipasi banjir.

“Dari pantauan kami di lapangan, wilayah kecamatan Tanah Abang, Penukal dan Talang Ubi sudah mengalami banjir, namun dibeberapa tempat sudah surut. Tetapi kita bersama instansi terkait lainnya tetap akan siaga antisipasi banjir susulan, mengingat musim hujan belum berakhir,” ucapnya.

Rencananya, besok pihak BPBD bersama Dinas PUBM, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan dan Dinas Pertanian bakal turun ke lapangan.

“Besok kami bersama instansi terkait akan turun ke lapangan untuk mendata dan memperbaiki sarana umum serta memberikan bantuan logistik kepada korban banjir. Kami juga menghimbau kepada masyarakat agar tetap waspada,” tukasnya. (MAN)