PALI,HS – Setelah sempat tertunda beberapa waktu, Adera Field laksanakan monitoring dan evaluasi program CSR di ring I (11/07).
Sejak mewabahnya covid-19 ditanah air awal tahun yang lalu, perusahaan melakukan antisipasi terhadap wabah ini dan melakukan adaptasi terhadap pelaksanaan kegiatan perusahaan yang sehat dan sesuai protokol yang dianjurkan pemerintah.

Di lingkungan PT Pertamina EP Adera Field penyesuaian pola kerja dan adaptasi standar protokol kesehatan sudah dilakukan sejak bulan maret yang lalu. Mulai dari penerapan sterilisasi tempat kerja, karantina bagi pekerja yang baru tiba di site, pemeriksaan rapid dan swab test, pembatasan tamu perusahaan, pemeriksaan kesehatan setiap pagi sebelum memulai pekerjaan, penggunaan alat pelindung diri tambahan yaitu masker dan penerapan social distancing.

Seiring dengan perkembangan dan proses adaptasi yang telah dilakukan perusahaan serta mengacu pada anjuran pemerintah untuk penerapan new normal dalam pekerjaan, Adera Field mulai melaksanakan penerapan protap covid-19 dalam setiap kegiatan. Seperti yang dilakukan dalam kegiatan monitoring dan evaluasi program CSR Adera Field pada sabtu yang lalu.

Pelaksanaan pertemuan yang melibatkan kelompok masyarakat di dua desa yaitu Pengabuan dan Pengabuan Timur Kecamatan Abab Kabupaten PALI dilaksanakan dengan prosedur protap covid-19 yang ketat, mulai dari penggunaan masker, pengecekan suhu tubuh, mencuci tangan serta tetap menjaga jarak aman.

Adera Relation dan Formalities Staf Nursiela tak lupa sebelum memulai acara juga mengingatkan kepada seluruh peserta untuk tetap patuh mengikuti protokol yang berlaku selama kegiatan berlangsung. Bahkan menurutnya protokol tersebut agar juga selalu diterapkan dalam setiap kegiatan sehari-hari.

Dalam kegiatan monev yang dilaksanakan bersama kelompok tani dan kelompok toga herbal tersebut, diikuti dengan antusias oleh peserta kegiatan. Kelompok masyarakat merespon positif anjuran protokol kesehatan yang disampaikan perusahaan.

Selain itu respon positif juga terlihat terhadap berjalannya kegiatan monev yang dilakukan Adera Field bersama pendamping lapangan. Evaluasi program yang disampaikan ditanggapi dengan antusias dan masyarakat menyampaikan harapan terhadap kelanjutan program kedepannya. Kegiatan monev ini juga mempraktekkan pembuatan disinfektan berbahan dasar herbal yang mudah didapat dari pekarangan sekitar masyarakat.

Adera Legal & Relation Assistant Manager Abdul Aziz dalam bincangnya mengatakan bila kegiatan monev ini merupakan awal penerapan new normal yang dilaksanakan bersama kelompok masyarakat. Meskipun masih berada ditengah wabah covid-19, kegiatan pemberdayaan masyarakat masih terus diupayakan oleh Adera Field. Menurutnya, upaya yang dilakukan oleh perusahaan tersebut diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat.

“ditengah kondisi masyarakat yang sedang mengalami wabah ini perusahaan ingin dapat memberikan sumbangsih yang positif agar masyarakat dapat bertahan dan terus bangkit melawan kondisi ini. Misalnya seperti pada hari ini kami ajarkan untuk membuat disinfektan dengan bahan yang mudah didapat dari sekitar lingkungan sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya namun tetap dapat melindungi keluarga dari bahaya covid-19” terangnya.

Ia pun menambahkan bila sejak bulan maret yang lalu Adera Field telah menyalurkan sebanyak 2 tahap bantuan penanggulangan covid-19 bagi desa sekitar perusaaan. Bantuan yang telah diberikan antara lain perlengkapan kesehatan seperti handsanitizer, masker, sarung tangan bahkan APD bagi petugas kesehatan. Lalu pada tahap 2 bantuan yang diberikan berupa distribusi 8,25 ton beras dan 925 paket sembako.

Adera Field Manager Hermansyah mengatakan ia sangat senang bila kegiatan yang dilaksanakan oleh Adera Field dapat bermanfaat bagi masyarakat. Ia berharap perusahaan dapat terus melaksanakan kegiatan CSR yang dapat memberikan dampak yang positif bagi masyarakat sebagai nilai tambah atas keberadaan perusahaan ditengah masyrakat. (Nrs/Az)