PALI, HS -Helikopter yang membawa gantungan air jadi tontonan warga Karang Agung Kecamatan Abab Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) Minggu 12/07/20 saat melakukan pemadaman kebakaran lahan perkebunan warga.

Terlihat dari kejahuan heli tersebut menyiram kepulan asap akibat pembakaran lahan oleh warga  yang sudah menjadi kebiasaan turun temurun saat membuka lahan baru.

“helikopter tersebut tengah menyiram kepulan asap sisa warga yang habis membakar ladang.saya juga terkejut.terdengar banyak orang yang berhamburan berlari arah kepulan asap.di karenakan melihat heli kopter bolak balik.”Ujar Salik salah satu warga yang melihat  Helikopter  bolak balik mengitari Desa Karang Agung.

“tidak biasanya.masih Helikopter melintasi desa kami.apa lagi hari ini sering sekali melintas.wajar saja kalau warga karang agung berhamburan melihat heli tersebut.karena tidak biasanya.ternyata bisa di pastikan heli tersebut memadam kan kepulan asap sisa orang bakar ladang.untuk membuka lahan kebun karet yang baru,” lanjut Salik

Sementara itu Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)   PALI Junaidi Anuar    Saat dikonfirmasi menjelaskan kalau Helikopter tersebut dari taem Karhutlah dari propinsi.Taem darat kita sudah di lokasi.untuk membantu memadam kan kepulan asap tersebut.

“Itu Helikopter Team Karhutlah Propinsi yang membantu Team Darat yang sudah berada di lokasi kebakaran lahan”ujarJunaidi

Selanjutannya BPBD Pali menghimbau kepada masyarakat agar tidak melakukan pembakaran hutan dan ladang.

“kita  juga sudah antisipasi agar tidak terjadi kebakaran.sudah didirikan posko terpadu di setiap kecamatan serta akan di lengkapi peralatan pemadaman,”Pungkasnya, (Ksr)