Bupati Bersama Forkopimda Kabupaten Asahan Kunjungi PLTA Asahan III

2 bulan ago
151

ASAHAN,HALUANSUMATERA.COM–Bupati Asahan H. Surya, BSc bersama dengan Forkopimda Kabupaten Asahan lakukan kunjungan kerja ke PLTA Asahan III. Kehadiran Bupati Bersama Forkopimda Kabupaten Asahan tersebut disambut hangat pihak PLTA Asahan III, di Basecamp PLTA Asahan III, Rabu (30/11/2022).

Dalam kesempatan tersebut, Manager PLTA Asahan III Agil Darmawan, mengucapkan terima kasih atas dukungan Bupati dan Forkopimda Kabupaten Asahan dalam penyelesaian proyek Asahan III. ” kami berharap dalam pengerjaan proyek ini, Pemerintah Kabupaten Asahan dan unsur terkait dapat terus memberikan bimbingan serta dukungan,agar penyelesaian proyek ini dapat selesai tepat waktu”, ucapnya.

Lebih lanjut dirinya menyampaikan, hingga saat ini proyek penyelesaian PLTA Asahan III tetap sesuai target yang telah ditentukan oleh Pemerintah Pusat. Namun, dirinya juga menyampaikan, bahwa dalam penyelesaiannya, ada beberapa kendala yang masih terjadi, dan berharap, Pemerintah dan Forkopimda Kabupaten Asahan dapat berkolaborasi dengan pihaknya untuk menyelesaikan kendala tersebut. “kegiatan inventarisasi (penghitungan tanaman dan penunjukan batas lahan) khususnya untuk lokasi lahan yang akan dijadikan pertapakan tower maupun lahan yang akan menjadi akses, masih tertunda, karenanya kami berharap, Forkopimda Kabupaten Asahan dapat berkolaborasi untuk mendukung realisasi hal tersebut, agar pembangunan PLTA Asahan III yang merupakan Program Strategis Nasional (PSN) dapat selesai tepat waktu”, ujar Agil Darmawan.

Menanggapi hal ini Bupati Asahan H Surya BSc mengatakan, Pemerintah Kabupaten Asahan dan unsur Forkopimda akan memberikan dukungan positif terhadap penyelesaian proyek Asahan III. Adapun, terkait kendala yang dihadapi, Bupati akan segera menindaklanjutinya, dan berharap dapat menyelesaikan permasalahan tersebut secara persuasif. “kita mendukung sepenuhnya terealisasinya PSN yang berlokasi di Kabupaten Asahan, dan untuk kendala yang dihadapi, kita akan tempuh jalur persuasif terlebih dahulu, agar kendala tersebut dapat diselesaikan secara musyarawah demi kebaikan bersama”, ujar Bupati.

Bupati juga meminta kepada pihak PLTA Asahan III, untuk selalu berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Asahan serta Forkopimda, agar terciptanya komunikasi yang baik sehingga proyek PLTA Asahan III ini dapat selesai sesuai waktu yang telah di targetkan. “Sejatinya, pembangunan PLTA Asahan III yang merupakan PSN dan berlokasi di Kabupaten Asahan serta Tobasa, sangat strategis untuk peningkatan pertumbuhan dan pemerataan pembangunan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pembangunan daerah. Karenanya baik Pemerintah maupun masyarakat hendaknya dapat mendukung terealisasinya hal tersebut”, pungkas Bupati.

Mengakhiri sambutannya, Bupati berpesan agar seluruh pengerjaan PLTA Asahan III dapat berjalan sesuai regulasi yang berlaku khusunya regulasi terkait lingkungan hidup dan ketenagakerjaan. Hal tersebut dibenarkan oleh Manager PLTA Asahan III, bahwa seluruh proses pengerjaan PLTA Asahan III telah dilaksanakan sesuai regulasi yang ada dan telah mendapatkan izin terkait lingkungan dari pihak terkait.

Kunjungan tersebut, diakhiri dengan peninjauan ke lokasi pengerjaan PLTA Asahan III oleh Bupati Asahan, Forkopimda Asahan, Manager PLTA Asahan III beserta staf, OPD terkait, Camat Aek Songsongan dan Forkopimcam Kecamatan Aek Songsongan.