Bupati Lahat Membuka Lomba Masak Serba Ikan

1 minggu ago
105

LAHAT,HALUANSUMATERA.COM-Bertempat di Gedung Kesenian Kabupaten Lahat pada hari ini,Rabu(23/11) di selenggarakan Lomba masak serba ikan Kabupaten Lahat tahun 2022 dengan tema”Ragam menu dan kreasi masakan ikan untuk menyehatkan,mencerdaskan dan mencegah stunting”.

Turut hadir dalam acara ini Bupati Lahat Cik Ujang,SH,Wakil Bupati Lahat H.Hariyanto,SE.MM,Forkopimda Kabupaten Lahat,Ketua TP.PKK Kabupaten Lahat Lidyawati,S.Hut.MM,Ketua GOW Lahat Hj. Sumiyati Hariyanto,Ketua Dharma Wanita Persatuan atau yang mewakili,Assisten,Tim Percepatan Pembangunan Lahat,para Camat se-Kabupaten Lahat,Ketua TP.PKK Kecamatan,dewan juri,para peserta dan tamu undangan yang sempat hadir.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Lahat Drs.H.Deswan Irsyad,M.Pd.I dalam laporanya menyampaikan bahwa indeks tingkat masyarakat Kabupaten Lahat dalam mengkonsumsi ikan sampai saat ini berdasarkan data statistik sebesar 2,4 sementara indeks di Indonesia ada pada point 4,oleh sebab itu berarti bahwa rata-rata masyarakat Kabupaten Lahat hanya menkonsumsi ikan 2,4 kg setiap bulan sedangkan di level nasional 4 kg dalam satu bulan.

Dengan adanya kondisi ini maka TP.PKK Kabupaten Lahat Lidyawati Cik Ujang,S.Hut.MM yang di dampingi oleh ketua GOW Kabupaten Lahat Hj.Sumiyati Hariyanto menginisiasi kegiatan ini dalam upayanya untuk meningkatkan konsumsi ikan masyarakat di Kabupaten Lahat.Selain itu di harapkan akan melahirkan inovatif dari masakan serba ikan.

“Kegiatan ini bertujuan untuk melahirkan inovasi-inovasi masakan ikan yang tidak membosankan untuk masyarakat agar gemar makan ikan sehingga indeks gemar makan ikan di Kabupaten Lahat akan meningkat.”ucapnya.

Sementara Bupati Lahat Cik Ujang,SH dalam arahanya sekaligus membuka acara secara resmi mengatakan lomba masak serba ikan yang dianjurkan pemerintah pusat,provinsi dan kabupaten terutama di Kabupaten Lahat yang sejak awal untuk menggalakan gemar makan ikan untuk masyarakatnya.

“Pemerintah Kabupaten Lahat sangat mendukung dan terus mensuport lomba masak serba ikan yang juga bertujuan untuk menjalin tali silaturahmi dan untuk dewan juri agar dapat menilai secara objektif.”tutupnya.