Dinas PP dan KB Kukuhan 250 Duta Genre

3 minggu ago
94

PALEMBANG, HALUANSUMATERA.COM–Pemerintah kota Palembang melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (PP dan KB), mengukuhkan duta genre yang diikuti oleh 250 remaja yang berasal dari 18 kecamatan. Pemilihan Duta GenRe ini dilakukan
secara serentak disetiap kecamatan dan kelurahan setempat dengan mencari, laki-laki dan perempuan yang masih tahap remaja.

Dengan rincian setiap kecamatan yaitu, 36 orang dan kelurahan 214 orang dengan total keseluruhan 250 duta GenRe. Dalam hal ini kota Palembang paling banyak dalam pelaksanaa pengukuhan diantara kota dan kabutapen disumsel.

Menurut Wakil Walikota Palembang sekaligus kakak genre, Fitrianti Agustinda, bahwa tujuan memberikan penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja melalui pemahaman tentang pendewasaan usia perkawinan, sehingga mampu melangsungkan jenjang pendidikan secara menikah dengan penuh perencanaan sesuai kesehatan reproduksi.

“Pengukuhan duta Genre tingkat kecamatan dan kelurahan Se- Kota Palembang ini, dengan rincian duta GenRe Kecamatan: 36 orang, duta GenRe Kelurahan 214 orang, jumlah keseluruhan Duta GenRe 250 orang.

Dengan adanya Duta GenRe dilingkungan remaja nantinya akan lebih efektif dalam menjalin komunikasi yang dilakukan dengan pendekatan dari remaja secara umum, Ikon Duta Genre dirasa memberi nilai lebih dalam sosialisasi dan promosi program GenRe di Kota Palembang.

Ia juga berharap, dalam rangka meningkatkan pemenuhan promosi Progam GenRe, khususnya pengembangan Pik Remaja sebagai sebuah wadah pelayanan informasi dan konseling, maka diperlukan figure motivator dari kalangan remaja,jelasnya saat membacakan sambutan rabu (8/3), di rumah dinas Walikota Palembang.

lanjutnya, Fitri mengajak kepada Duta Genre yang baru dikukuhkan dan bertugas di kecamatan setempat agar bisa menjalankan program GenRe di kalangan remaja agar nantinya mereka memiliki pengetahuan, sikap dan erilaku yang positif dalam pengembangan diri secara mental, fisik, intelektual.

Ditempat yang sama, Wakil Deputi BKKBN Nopiana Andusti menambahkan jika kota Palembang adalah kota yang paling banyak melakukan pengukuhan duta genre. Selain itu juga, Palembang juga kota yang paling cepat dan tanggap dalam penurunan angka stunting pada tahun 2020 diangka 14,3 persen.

“Ini tentunya berkat keseriusan ketua percepatan angka stunting yaitu ibu Fitrianti Agustinda berserta jajaran Pemkot Palembang. Maka dari itu saya sangat mengapresiasi sekali atas kinerja yang dilakukan oleh Wakil Walikota Palembang,” tutupnya.