Dirut Bank Mandiri Pimpin IKA Unsri

1 minggu ago
46

JAKARTA,HALUANSUMATERA.COM-Direktur Utama Bank Mandiri, Darmawan Junaidi terpilih menjadi Ketua Umum dalam Munas IV IKA Unsri di Plaza Bank Mandiri Jakarta, Minggu (19/3) untuk periode 2023-2027.

Darmawan Junaidi sendiri menggantikan Dr Agung Firman Sampurna sebagai Ketua IKA Unsri.

Direktur Eksekutif Ika Unsri, Dr. Ir. Diah Kusuma Pratiwi, MT., CIAP mengatakan, Munas ini sendiri berjalan selama tiga hari. “Tepatnya 18 hingga 20 Maret 2023,” katanya, Minggu (19/3).

Menurutnya ada empat narasumber yang hadir Ismayatun (Ketua BPK RI), Menteri Kebudayaan, Pendidikan, Riset, dan Teknologi RI, Menteri Perhubungan RI dan Menteri PekerjaanUmum dan Perumahan Rakyat
Juga dihadiri Mantan Rektor Unsri Badia Perizade, , Prof. Mahmud Hasyim, para Wakil Rektor Unsri, para Dekan di Unsri , mantan Gubernur Sumsel SyahrialOesman, mantan Dekan Fakultas Hukum Unsri Prof. Amzulian Rifai , dan lebih dari 150 orang alumni yang tersebar di Indonesia dan manca negara telah mendaftar untuk hadir.
Dijelaskan Diah, Ika Unsri dibentuk dengan tujuan untuk mempererat hubungan antara alumni Unsri serta untuk meningkatkan kontribusi dan peran alumni dalam membangun almamater, bangsa dan negara.
Beberapa Ketua Umum IKA Unsri yang pernah menjabat antara lain: Prof. Daud Busroh, Prof. Zainal Ridho Djakfar, Dr. Marwah M. Diah, Afran Fikri Sanaf, SE., MSi, Ir. SyahrialOesman, dan Dr. H. Marzuki Alie.
Sebelumnya Ketua Umum IKA di jabat oleh Dr Agung Firman Sampurna Unsri yang juga menjabat sebagai dosen Universitas Indonesia (UI) ,Oxford University dan Pimpinan Auditor Keuangan Negara (AKN) I Badan PemeriksaKeuangan (BPK) RI.
Dr. Agung Firman Sampurna yang dipilih secara aklamasi pada Munas IKA Unsri pada tanggal 2 Desember 2017.
Kemudian pelantikan Pengurus Nasional IKA Unsri Periode 2017 – 2023 dilakukan pada Tanggal 31 Maret 2018 oleh Rektor Unsri Prof. Dr. Ir. Anis Saggaf, MSCE.
Pada hari yang sama, Rektor Unsri juga melakukan peresmian Gedung Sekretariat IKA Unsri di daerah Kampus Palembang, tepatnya di Jalan Hokky Blok C No 15.
Dilansir dari wikipedia.org, Darmawan sendiri merupakan bankir senior. Dia dipercaya pemegang saham bank pelat merah tersebut memimpin jadi Dirut untuk periode 2020-2025.
Darmawan sebelumnya merupakan direktur treasury sejak Agustus 2017 dan jabatannya diperluas menjadi direktur treasury, international banking and special asset management pada 2019.

Dia dinilai sukses karena memberikan kontribusi pendapatan sebesar 18% dari pendapatan Bank Mandiri tahun 2019.

Selain Bank Mandiri, dia juga pernah menjadi Direktur Keuangan PT Semen Indonesia dan juga Plt Direktur Utama Semen Indonesia hingga menjadi Komisaris Utaam PT Semen Kupang.

Darmawan sendiri merupakan lulusan Hukum Perdata Unsri Tahun 19990. Dia juga pernah menempuh pendidikan sebagai Strategic Key Account Management, Marcus Evans Professional Training dan Orchestrating Winning Performance, Institute Management Development.

Kemudian, dia juga menjadi Executive Training High Performance Leadership, The University of Chicago Booth School of Busines dan Leading into the Future: Managing in a Changing World, Kellogg School of Management, Northwestern University, Chicago.