OKU SELATAN, HALUANSUMATERA.COM – Sejak dua tahun terakhir Bupati Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS) H Popo Ali Martopo mengakui kabupaten yang dipimpinnya itu maju begitu pesat terutama dalam bidang infrastruktur. Kemajuan ini tak lain berkat dukungan dan perhatian penuh dari Gubernur Sumsel H Herman Deru yang memang konsisten memeratakan pembangunan di Sumsel.

Pernyataan tersebut, diungkapkan Popo Ali saat memberikan sambutan pada Sidang Paripurna DPRD OKUS dalam rangka memperingati hari jadi ke-17 Kabupaten OKUS di Gedung DPRD OKUS, Senin (25/01/2021).

“Alhamdulillah, dalam 2 tahun terakhir OKU Selatan mengalami lompatan dan kemajuan luar biasa pesat. Selain kerjasama yang baik antara Pemkab dan  DPRD dan masyarakat OKUS, ini adalah berkat dukungan Gubernur Sumsel Herman Deru yang begitu perhatian dan responsif dengan kabupaten paling ujung ini,” ujar Popo Ali.

Dalam kesempatan itu Ia juga mengatakan sangat berterima kasih atas kehadiran Gubernur Sumsel H.Herman Deru dan Ketua TP PKK Provinsi Sumsel Hj Febrita Lustia HD yang masih menyempatkan diri hadir pada peringatan HUT ke-17 Kabupaten OKUS.

Kehadiran orang nomor satu di Sumsel itu, diharapkannya dapat semakin memotivasi untuk lebih bersemangat memajukan OKUS ke depan.

Menurutnya, OKUS sangat beruntung karena baik Gubernur Sumsel, maupun anggota DPRD Provinsi maupun DPRD OKUS sangat mendukung segala aktivitas pembangunan di OKUS terutama dalam pembangunan infrastruktur. Dengan infrastruktur yang baik diharapkannya dapat  meningkatkan pariwisata, ekonomi, sosial dan budaya.

Gubernur Sumsel H Herman Deru mengatakan, dilihat dari historisnya OKUS saat ini layak mendapat predikat luar biasa perkembangan pembangunannya.

Hal ini, tak lepas dari kejelian Bupati dalam mengelola dan membaca potensi daerah yang memiliki keunggulan di bidang pertanian, perkebunan dan pariwisata.

“Kalau ini salah perencanaan dari awal ini tentu tidak akan jalan.  Alhamdulillah sejak dibentuk RPJMD dan RPJM OKUS ini memang sudah matang dan dalam pelaksanaannya juga diawasi dengan baik,” kata HD.

Terkait pembangunan infrastruktur yang menjadi kewenangan provinsi lanjutnya  sudah selesai dikerjakan. Saat  ini menurut HD  sudah dapat lebih bermanfaat dan dirasakan langasung oleh masyarakat.

Di momen HUT ini pula HD mengajak semua pihak untuk mengevaluasi kinerja yang sudah dilakukan dan kerjakan. Sehingga terlihat sejauh mana keberhasilan yang didapat dan apa saja yang perlu diperbaiki.

“Jadi, ini bukan momen untuk  kita hura-hura. Justru harus menjadinevaluasi sudah kompak kah kita, karena kekompakan ini penting sebagai modal mempertahankan predikat luar biasa ,” imbuhnya.

Dalam kesempatan itu Ia juga berpesan agar APBD dibelanjakan sesegera mungkin dengan efektif dan efisien. Sehingga APBD dapat benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

“Belanjakanlah agar saudara-saudara kita tukang pasir,  buruh bangunan  bisa bekerja dan mendapat penghasilan. Sehingga, perekonomian bisa berangsur pulih, karena untuk memulihkan ekonomi, bukan hanya dengan bagi sembako tapi juga membantu permodalan UMKM dan pembinaannya,” ujar HD.

HD juga tak lupa berterimakasih kepada masyarakat OKUS yang telah menjadi tuan rumah Sriwijaya Ranau Grand Fondo 2020 dengan begitu baik. Dan diharapkan penyelenggaraam even itu akan semakin baik tahun 2021.

“Ini penting karena jika tahun ketiga penyelenggaraan juga baik lagi maka event ini akan menjadi kalender nasional,” jelasnya.

Mengenai vaksinasi HD juga sempat mensosialisasikannya agar maayarakat OKUS mau divaksin. Menurutnya masyarakat jangan mudah terpengaruh hoax karena Ia sendiri sudah divaksinasi dan sehat hingga sekarang.

“Saya tidak akan memberi sanksi bagi yang tidak mau vaksin. Tapi kalau tidak vaksin tentu akan rugi sendiri karena bukan tidak mungkin akan dijauhi. Itu sudah sanksi moral,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten OKUS, Heri Martadinata mengatakan pada peringatan HUT ke-17 OKUS kali ini diakuinya cukup sederhana tidak diikuti  kegiatan seperti pameran dan lainnya.

Bahkan, rapat pun digelar sangat terbatas karena Covid belum berakhir. Untuk itu Ia mengingatkan agar masyarakat tetap mewaspadai Covid dengan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Hadir dalam HUT Paripurna tersebut, antara lain, Wakil Bupati OKU Selatan Sholehien  Abuasir SP MSi, Ketua DPRD OKU Selatan Heri Martadinata, Dandim 0403-OKU Letkol ARH Tan Kurniawan, Kapolres OKU Selatan AKBP Zulkarnain Harahap SIK dan Kajari OKUS, Kusri SH. (*)