OKU TIMUR, HALUANSUMATERA.COM – Bertempat di Lapangan Tani Merdeka Kabupaten OKU Timur, Dibuka langsung oleh Gubernur Sumatra Selatan H Herman Deru Seleksi Tilawah Qur’an dan Hadis (STQH) ke- XXVI Provinsi Sumatra Selatan, Jum’at (21/5/2021). Adapun tema yang diusung “Dengan semangat STQH tingkat Provinsi Sumatera Selatan yang madani rukun dalam keagamaan.”

Seleksi ini dihadiri Bupati OKU Timur Lanosin ST, Bupati Kabupaten Lahat Cik Ujang SH, serta undangan Bupati/ Walikota Se Sumsel ataupun yang mewakili, Kepala Dinas, Kepala Badan tokoh masyarakat, tokoh agama, juri STQ/ Dewan hakim dan peserta STQ yang diikuti Kab/Kota se Sumsel.

STQH kali ini, yang menjadi tuan rumah adalah Kabupaten OKU Timur yang mana merupakan zona kuning, sehingga dapat menjadi tuan rumah STQH dengan melaksanakan prokes kesehatan 3M.

Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru, dalam sambutanya merasa bangga dengan penyelengaraan STQH yang begitu baik di OKU Timur. Bersamaan dengan ini rasa syukur bercampur kegembiraan bahwa kita dapat menyelenggarakan STQH untuk mencari bibit unggul Qori’ dan Qori’ah guna mencari bakat bakat terpendam yang hadir di majelis di malam hari ini,yang mana akan menjadi pahlawan-pahlawan di rumah tahfis disetiap penjuru pelosok Sumatra Selatan.

“Dari bibit-bibit unggul ini agar terus dipelihara dan difasilitasi untuk dapat menjadi ustad ustadzah guna mengajar generasi-generasi akan datang,” ujarnya.

Tidak hanya itu, diharapkan agar ada keseimbangan antara pendidikan umum dari sekolah umum dengan ilmu agama minimal pandai baca Qur’an.Membaca Al- Qur’an begitu penting membaca ayat-ayatnya saat sekolah dengan baik dan benar maka harus didasari dengan bisa membaca Alqur’an.

Sementara untuk para juri/hakim dituntut kejelian hakim tidak hanya secara normatik ikut dalam narasi sumpah tadi tapi berangkat dari hati sanubari bahwa keadilan itu memang benar-benar harus di upayakan.Hakim yang independen pasti akan menghasilkan juara-juara penuh dengan keasliannya, sehingga nanti pada jenjang berikutnya pada Musabaqoh Tilawatil Qur’an ditingkat Nasional yang akan diselenggarakan beberapa tahun mendatang sudah benar-benar siap mulai dari hal yang paling kecil kostum fasilitas lainnya.

“Untuk para tenaga kesehatan harus menyiapkan dokter THT untuk memelihara suara yang sangat berharga itu,kita butuh kemerduan agar orang lebih tertarik dengan agama yang kita agungkan dan kita cintai bahkan di lomba berikutnya even apapun itu ada dilombakan,” terangnya.

Bupati Lahat Cik Ujang dalam kegiatan ini menyaksikan secara langsung lomba STQH Ke-XXVI di OKU Timur menyampaikan kepada peserta maupun oficial agar tetap semangat tunjukan kualitas terbaik, jaga kesehatan, gunakan masker, mencuci tangan,guna memutus mata rantai penyebaran virus Covid 19.

“Untuk para peserta agar tetap asah kemampuan kita seperti berlatih maka berlatih itu akan semakin tajam,begitu juga dengan para Qori’ ataupun Qori’ah dari Kabupaten Lahat tunjukan yang terbaik dan jaga selalu kekompakan,” tuturnya (*)