PALEMBANG, HALUANSUMATERA.COM – Kapolda Sumsel Irjen Pol Prof Dr Eko Indra Heri S MM, diwakili Irwasda Sumsel Kombes Pol Drs M Indra Gautama MSi, memimpin pelaksanaan pembukaan penyusunan laporan keuangan tahun anggaran 2020 Polda Sumsel dan jajaran, di Hotel Harper Palembang, Selasa (26/1/2021).

Turut pula mendampingi Irwasda Polda Sumsel dalam kegiatan tersebut, Karo Log Kombes Pol Mukhlis SIK dan Kabid Keu Polda Sumsel Kombes Pol Heni Kresnowati SP MSi.

Dalam amanatnya, Kapolda Sumsel melalui Irwasda Sumsel mengatakan, kegiatan ini dalam rangka untuk mewujudkan transparansi dan akuntabilitas APBN, serta sebagai bentuk pertanggungjawaban atas pelaksanaan APBN pada Satker atau Satwil pada Polri.

“Kuasa pengguna anggaran wajib menyusun dan melaporkan secara berjenjang yang terdiri dari laporan realisasi anggaran, neraca dan catatan atau laporan keuangan dengan benar serta tepat waktu sesuai dengan peraturan yang berlaku,” terang Irwasda.

Lanjutnya, untuk mengimplementasikan hal tersebut, maka Polda Sumsel bersama jajaran mengadakan penyusunan laporan keuangan tahun anggaran 2020 sebagai bentuk pertanggungjawaban atas penggunaan anggaran yang telah dilaksanakan.

“Laporan keuangan TA 2020, merupakan laporan yang terdiri dari data keuangan, data aset, persediaan barang bukti dan Senpi,” ungkap Irwasda.

“Untuk laporan keuangan, nanti dilaporkan secara wajar dan realitas, meskipun anggaran Polri telah mengalami beberapa kali perubahan, sehingga Polda Sumsel dapat mempertahankan opini wajar tanpa pengecualian,” pungkas Irwasda. (*)