PALEMBANG, HS – Ketua Umum Pengprov Perkumpulan Binaraga Fitnes Indonesia (PBFI) Sumsel masa bakti 2020-2024 yang baru dilantik Elysa Fransisca langsung tancap gas menyatakan siap ditunjuk sebagai penyelenggara event nasional maupun internasional.

“Terima kasih Bapak Ketua PBFI Pusat yang telah mempercayakan dan melantik kami. Harapan kami bapak mengizinkan berkenan mempercayakan kepada kami untuk mengadakan event nasional maupun internasional, kami siap,” ungkap Elysa Fransisca dalam sambutannya usai dilantik oleh Ketum PB Perkumpulan Binaraga Fitnes Indonesia Irwan Alwi di hotel Beston Palembang, Senin (2/11/2020) malam.

Elysa yang merupakan putri tokoh pembinaan binaraga Sumsel almarhum Juni Wolker ini mengakui tidak bisa bekerja sendiri tanpa didukung pengurus dan atlet. Di sini ada Jefi Riko di perwasitan, atlet Komara Dhitayana.

Kepengurusan PBFI Sumsel masa bakti 2020-2024 ini bertindak selaku Pembina Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru SH MM, Penasehat Kadispora Sumsel Drs H Ahmad Yusuf Wibowo MSi, Dewan Penyantun Ketum KONI Sumsel H Hendri Zainuddin SAg SH.

Dalam kepengurusan hariannya, Elysa Fransisca dibantu Wakil Ketua 1 Drg Pandita Yudistira, Wakil Ketua 2 M Akbar Alfaro B.Bus MM, Sekretaris Fransiska, Bendahara Sandriana, Binpres Sertu Rubianto.

Wakil Ketua 2 M Akbar Alfaro BBus MM menjelaskan PBFI ini merupakan pecahan dari organisasi PABBSI

PBFI ini cabang ini lebih spesisifik, lebih detail. Seperti diketahui olahraga binaraga dan fitnes ini sudah menjadi bagian lifestyle atau gaya hidup.

Apalagi di Sumsel, Kota Palembang di daerah perkampungan banyak sekali yang bisa dikembangkan menjadi atlet nasional.

“Ini potensi besar. Mungkin jadi simpul-simpul kita khususnya cabor binaraga dan fitnes ini yang bisa dikembangkan jadi atlet nasional. Sehingga binaraga ini bisa mensasar ke masyarakat tanpa terkecuali,” kata Akbar Alfaro yang juga anggota Fraksi Gerindra DPRD Kota Palembang.

Setelah pelantikan ini, Ketua akan menyusun program jangka pendek, menengah dan panjang. Setelah ini ada rapat dan juga menyusun event-event dan khususnya pembinaan untuk kader-kader atau atlet-atlet binaan yang akan dijadikan atlet nasional yang akan mewakili Sumatera Selatan.

Sementara Ketum PB PBFI Irwan Alwi mengatakan Sumsel merupakan Pengprov PBFI yang pertama dilantik. Dari 18 Pengprov yang dikukuhkan baru ini wanita yang bersedia memimpin. Diharapkan bisa berkontribusi prestasi untuk Provinsi Sumsel.

“PON 2024 diharapkan bisa melahirkan atlet dan menjadi peserta PON. Kita sudahi dulu bicara PON Papua lantaran covid-19 mestinya sudah berjalan,” kata Irwan Alwi.

Ia mengingatkan pada bulan April bakal digelar Kejurnas pertama sebagai ajang seleksi materi atlet SEA Games ke-31 Hanoi Vietnam 2021. Dan menurutnya Sumsel layak menciptakan atlet berprestasi.(Ron)