PALEMBANG, HALUANSUMATERA.COM – Kapolda Sumsel Irjen Pol Prof Dr Eko Indra Heri S MM, mengikuti upacara pelantikan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri RI) secara virtual di Istana Presiden, di Ruang Rekonfu Lantai III Mapolda Sumsel, Rabu (27/1/2021).

Presiden RI Joko Widodo, melantik Komjen Listyo Sigit Prabowo MSi sebagai Kapolri menggantikan Jenderal Polisi Idham Azis, sekaligus kenaikan pangkat Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo MSi dari Jenderal Bintang Tiga menjadi Jenderal Bintang Empat.

Sebelumnya, Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo telah menjalani uji kepatutan dan kelayakan di DPR setelah namanya diajukan oleh Presiden Joko Widodo yang berlangsung selama tiga jam, yang akhirnya seluruh fraksi di DPR sepakat untuk menyetujui Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, untuk menggantikan Kapolri sebelumnya Jenderal Polisi Idham Azis yang akan memasuki masa pensiun.

Tentunya banyak sekali dukungan dan harapan dari banyak kalangan serta masyarakat terhadap Kapolri yang baru. Mulai dari harapan mereka agar Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo memiliki visi yang visioner dan menjadi penjaga gawang Ideologi Pancasila dan menegakkan konstitusi.

Menurut mereka yang dibutuhkan Polri saat ini adalah konsolidasi internal dan membangun komunikasi publik, kemampuan membangun tanggung jawab bersama yang butuh keluwesan dan ketegasan.

Kemudian, harus meningkatkan transparansi dan menggunakan serta mengembangkan sistem IT dalam menjalankan sistem, sehingga transparansi dalam hal apapun bisa ditingkatkan.

Di kesempatan itu, Kapolda Sumsel mengucapkan selamat kepada Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo MSi yang telah dilantik sebagai Kapolri.

“Semoga beliau bisa mengemban amanah dengan baik, sehingga institusi Polri semakin mendapat kepercayaan di hati masyarakat,” ucap Kapolda.

Lanjut Kapolda, seperti kita ketahui, bahwa keinginan masyarakat tentang pembaharuan secara internal ditubuh Polri kedepan akan semakin baik dari sebelumnya dan Polri lebih profesional dalam memberikan pelayanan, perlindungan serta pengayoman kepada masyarakat terutama dalam melakukan penegakan hukum.

“Diharapkan, Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimiliki Polri saat ini juga nantinya dapat semakin berkualitas dan lebih ditingkatkan kembali, untuk dapat mengemban tugas sesuai aturan yang berlaku, karena tugas Polri kedepan akan semakin berat,” pungkas Kapolda.