Kapolda Sumsel Tutup Lomba Orasi Unjuk Rasa

1 tahun ago
187

PALEMBANG, HALUANSUMATERA.COM – Kapolda Sumsel Irjen Pol Drs Toni Harmanto, didampingi Wakapolda Sumsel Brigjen Pol Rudi Setiawan dan PJU Polda Sumsel, menutup resmi lomba orasi unjuk rasa Piala Kapolda Sumsel tahun 2021, di Lapangan Sepak bola Komplek Pakri Palembang, Rabu (1/12/2021).

Dalam sambutannya, Kapolda Sumsel mengucapkan terima kasih kepada segenap peserta lomba orasi yang telah melaksanakan kegiatan perlombaan ini dengan sebaik baiknya.

“Suatu kehormatan bagi kami Polda Sumsel atas keikutsertaan peserta dalam lomba ini,” ucap Kapolda.

Lanjut Kapolda, Negara Indonesia adalah bangsa yang besar dengan keberagaman budaya, bahasa, ras, suku dan agama. Indonesia ialah negara yang damai yang masyarakatnya dapat hidup rukun berdampingan, saling menghormati, menghargai, menjaga dan saling menyayangi.

“Karena perlu kita kita sadari, sebanyak apapun perbedaan di negeri ini, kita tetap satu tanah air dan ideologi yang sama, yaitu Pancasila,” ucap Kapolda.

“Melalui kegiatan lombai iniz dapat bisa kita petik dan diharapkan dapat memberikan edukasi kepada masyarakat tentang cara dalam menyampaikan aspirasi sesuai aturan dan hukum yang berlaku,” ujar Kapolda.

Sementara itu, saat diminta keterangannya, Kabid Humas Polda Sumsel Kombes Pol Supriadi menyebutkan, bahwa lomba menyampaikan orasi ini sangat antusias sekali sambutan dari masyarakat saat dibuka pendaftaran beberapa hari kemaren.

“Dibuktikan, animo pendaftar sampai 19 regu dan yang ikut dalam perlombaan sebanyak 15 regu. Dalam 1 regu terdiri dari 10 orang dengan dikooordinir 1 Koorlap,” ungkap Supriadi.

Kombes Supriadi menjelaskan, perlombaan ini dimulai dari pagi sampai sore, dengan pemenangnya, yakni juara 1 dari Pemuda Progresif Revolusiones, juara II dari Stisipol Candradimuka Palembang dan juara III dari UIN Raden fatah Palembang.

“Sedangkan, juara Harapan 1 dari HMI Cabang Palembang dan juara Harapan II dari Universitas Sriwijaya Palembang. Untuk juara 1, Insya Allah akan kita ikutkan pada lomba orasi unjuk rasa 2021 tingkat nasional di Mabes Polri Jakarta,” imbuhnya.

Kombes Supriadi menambahkan, kegiatan lomba orasi dalam rangka memperingati Hari Hak Azazi Manusia (HAM) ini berjalan dengan sukses dengan tetap menjalankan Prokes dengan prinsip Betah (Bersih, Transparan, Akuntabel dan Humanis).

“Dengan melibatkan dewan juri dari pihak eksternal, yakni Rudianto Widodo (Ketua Forum Suara Mahasiswa Sumsel), Rudi pangaribuan (Ketua Presedium Aktivis Sumsel), Dr Tarech Rasyid (Rektor Universitas IBA Palembang/Aktivis HAM), Rubi Indiarta (Ketua Jaringan Advokasi Masyarakat Sumsel), Agung Pratama dari Ombudsman Republik Indonesia,” pungkas Kombes Supriadi. (*)