PALEMBANG, HS – Kepala Staf Kodam (Kasdam) II/Sriwijaya Brigjen TNI Muhammad Zamroni memimpin Acara Taklimat Akhir Pengawasan dan Pemeriksaan (Wasrik) Current Audit Inspektorat Jenderal TNI Angkatan Darat (Irjenad)TA. 2020, bertempat di Ruang Puskodal Makodam II/Swj Jln. Jenderal Sudirman KM. 2,5 Palembang, Selasa (21/7/2020).

Mengawali acara, dalam sambutan tertulis Pangdam II/Sriwijaya yang dibacakan Kasdam II/Swj Brigjen TNI Muhammad Zamroni menyampaikan, ucapan terima kasih dan penghargaan yang tulus kepada Tim Pengawasan Current Audit Itjenad atas pelaksanaan tugasnya di wilayah Kodam II/Swj. Kasdam berharap, Output dari Tim Pengawasan Itjenad dapat memberikan masukan yang bermanfaat bagi penyempurnaan pelaksanaan Program Kerja di satuan jajaran Kodam II/Swj, sehingga semuanya dapat dipertanggungjawabkan secara administrasi sesuai dengan aturan yang berlaku.

Kasdam juga menyampaikan ucapan yang sama kepada para Danrem, Asisten, para Komandan dan Kabalakdam jajaran Kodam II/Swj selaku entitas yang telah memberikan dukungan dan menyiapkan data/informasi yang dibutuhkan, sehingga kegiatan pengawasan Current Audit Tim Itjenad TA. 2020 dapat berjalan lancar.

“Dengan berakhirnya kegiatan pengawasan Current Audit Itjenad, kita semua harus bertekad dan berkomitmen untuk senantiasa melaksanakan tindakan tertib administrasi yang berkaitan dengan pelaksanaan Program Kerja dan Anggaran sesuai dengan ketentuan yang berlaku, guna mewujudkan akuntabilitas kinerja dan mempertahankan opini “Wajar Tanpa Pengecualian (WTP)” dari BPK RI atas pemeriksaan Laporan Keuangan TA. 2019”, tegas Kasdam.

Dijelaskan juga bahwa, selama 14 hari sejak tanggal 8 Juli yang lalu, Tim Pengawasan Current Audit Itjenad telah melaksanakan pengawasan di satuan-satuan jajaran Kodam II/Swj. Sekecil apapun kekeliruan dan kekurangan dalam pengelolaan Program Kerja dan Anggaran yang ditemukan tim, harus segera diperbaiki agar tidak menjadi temuan berulang di masa yang akan datang.

Kasdam juga menekankan agar terus melakukan pengawasan melekat terhadap pelaksanaan Program dan Anggaran yang sedang berjalan, serta memahami dan menerapkan aturan yang berlaku secara konsisten. Dengan demikian, kedepan akan lebih tertib dan cermat dalam melaksanakan Program Kerja dan Anggaran sesuai dengan tuntutan transparansi dan akuntabilitas kinerja serta terhindar dari kemungkinan terjadinya kesalahan.

“Mudah-mudahan dengan selesainya tugas Tim Pengawasan Itjenad dapat memberikan pencerahan, memacu semangat dan meningkatkan kualitas kinerja serta tertib administrasi satuan jajaran Kodam II/Swj”, kata Kasdam.

Acara Taklimat Akhir turut dihadiri juga oleh Irren Itben Itjenad Brigjen TNI Alvis Anwar, S.A.P., M.Tr. (Han)., selaku Ketua Tim beserta anggota Tim Wasrik, Irdam II/Swj, Kapok Sahli Pangdam II/Swj, Asrendam II/Swj, para Asisten Kasdam II/Swj dan para Dan/Kabalakdam II/Swj.(Rill/RN)