PALEMBANG,HS- Wabah pandemi Virus Corona covid 19  yang melanda membuat Sektor Pendidikan menjadi salah satu yang terdampak, Hal ini membuat proses kegiatan belajar mengajar (KMB) terganggu. Para siswa diliburkan dan diganti dengan mengerjakan tugas atau belajar di rumah.

Menurut Kasi Kurikulum Dinas Pendidikan Palembang, Surmana, untuk kenaikkan kelas  nanti, pihaknya akan mengacu  pada aturan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

“Untuk kenaikan kelas kita menggunakan nilai mulai dari semester I, dan nilai tambahan dari tugas secara online yang diberikan selama belajar di rumah, “jelas Surmana, Sabtu (6/6/2020)

Surmana mengungkapkan, pada masa pandemi corona dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) bisa digunakan untuk mendukung pencegahan Covid-19. Hal ini sesuai revisi Permendikbud nomor 8 tahun 2020 tentang Juknis BOS Reguler.

Di antaranya mempermudah pembelajaran daring, kaitannya untuk membeli pulsa dan kuota internet baik untuk guru atau pun siswa. Lalu dana BOS juga bisa dialokasikan untuk pembelian sarana penunjang kesehatan bagi guru dan siswa. Seperti alat kebersihan, Handsanitizer, sabun cuci tangan, masker, dan lain-lain.

“Pendistribusian pulsanya melalui sekolah atau guru, nanti bisa melampirkan kwitansi atau tanda bukti pembelian. Baik pembelian di counter, secara online, dan lain sebagainya. Hal ini dilakukan untuk mempermudah siswa belajar di rumah,” ujarnya. (HSN)