Koalisi Aksi Organisasi Rakyat Kota Palembang Apresiasi Pencapaian WTP Pemerintah Kota Palembang

2 minggu ago
60

PALEMBANG, HALUANSUMATERA.COM — Koalisi Aksi Organisasi Rakyat Kota Palembang melakukan aksi ke BPK RI Perwakilan Sumsel Selasa 2/7/24, Koalisi yang terdiri dari berbagai organisasi masyarakat menggelar aksi damai untuk memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kota Palembang atas pencapaian opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Sumatera Selatan terkait Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun 2023.

Organisasi yang tergabung dalam koalisi ini meliputi Sumsel Budget Center (SBC), BARIKADE 98 Kota Palembang, Masyarakat Peduli Demokrasi (MPD), Gerakan Aksi Mahasiswa (GAM), DPD HIMPKA SUSMEL, Sahabat Pungli Komite, dan Aksi Mahasiswa Peduli Birokrasi.

Pemerintah Kota Palembang berhasil meraih opini WTP 13 kali berturut-turut untuk laporan keuangan tahun 2012-2023, menandai peningkatan signifikan dari status sebelumnya yang hanya wajar dengan pengecualian (WDP). Prestasi ini dianggap sebagai bukti profesionalisme dan komitmen Pemerintah Kota Palembang dalam menyajikan informasi keuangan yang akurat dan transparan.

Korak Koalisi Aksi Organisasi Rakyat Kota Palembang, AH. Alamsyah, menyatakan, “Kami sangat bangga dengan pencapaian ini dan berharap pemerintah terus mempertahankan transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan daerah. Meskipun demikian, kami juga mengakui bahwa masih ada beberapa dinas OPD yang memerlukan perbaikan lebih lanjut dalam pembenahan laporan keuangan.”

Massa aksi diterima oleh Kasubag Humas dan TU BPK RI Perwakilan Sumsel, Rita Diana, yang menyampaikan apresiasinya atas dukungan yang disampaikan Koalisi Aksi Organisasi Rakyat Kota Palembang terhadap kinerja BPK RI Perwakilan Sumsel dalam memberikan opini audit terkait LKPD.

“Pemberian opini audit yang dikeluarkan BPK RI sudah sesuai dengan peraturan yang ada. Begitu juga predikat WTP atas LKPD Tahun 2023 oleh Pemkot Palembang,” kata Rita Diana.

Berikut tiga tuntutan Koalisi Aksi Organisasi Rakyat Kota Palembang

  1. Mendukung BPK Perwakilan Sumatera Selatan untuk tetap profesional, akuntabel, dan transparan dalam penilaian laporan keuangan daerah.
  2. Mendukung Pemerintah Kota Palembang atas kinerja laporan keuangan yang berhasil meraih prestasi WTP Tahun 2023 dari BPK-RI.
  3. Mengapresiasi penghargaan capaian Opini WTP 13 kali berturut-turut untuk laporan keuangan Pemerintah Daerah Tahun 2012-2023.