OKI, HALUANSUMATERA.COM – Air di Sungai Komering Ogan Komering Ilir (OKI), kini mulai naik/dalam dan rumput-rumput eceng gondok yang ada di sungai mulai berhanyutan dan memadati di sepanjang Sungai Komering, karena kurangnya pengawasan dan pemeliharaan.

Hampir dari ujung ke ujung mulai dari Kelurahan Jua Jua sampai Kelurahan Sukadana, Kelurahan Kedaton sampai Kelurahan Kayuagung Asli, pinggiran sungai nya kini dipenuhi rumput-rumput eceng gondok.

Lurah Kelurahan Kutaraya Abdulah Sahri saat dikonfirmasi mengatakan, pihaknya baru saja membicarakan masalah rumput-rumput eceng gondok yang ada di pinggiran sungai, karena air saat ini sudah mulai naik/dalam, Kamis (18/2/2021).

“Kami sudah berencana untuk mengadakan pembersihan di sepanjang pinggiran Sungai Kelurahan Kutaraya, saya akan mengajak perangkat Kelurahan RT RW dan Linmas, untuk rumput-rumput yang berada di bawah jembatan kemungkinan kami tidak sanggup untuk membersihkannya, karena rumputnya sudah terlalu banyak, dan posisinya pun dipertengahan sungai,” ujarnya.

Dirinya mengaku, bahwa pihak kecamatan belum merencanakan pembersihan sungai, karena setiap hari minggu pasti ada hajatan di Kelurahan Mangunjaya.

“Tapi, kalau ada waktu luang saya pasti akan mengajak warga dan perangkat Kelurahan Mangunjaya untuk mengadakan pembersihan di sungai,” katanya.

Sementara itu, salah satu warga dari Kelurahan Kutaraya Indra yang sering berkarang menggunakan perahu juga mengatakan, dulu memang ada petugas yang membersihkan rumput-rumput eceng gondok yang berada di sungai Komering ini terutama rumput-rumput di bawah jembatan.

“Tapi sekarang tidak ada lagi, saya berharap kepada pihak dinas yang besangkutan untuk mengadakan pembersihan lagi,” ujarnya. (Nurlis)