Kesehatan,HS-Selain jadi pelengkap makanan, Daun Kemangi juga mengandung banyak manfaat dan khasiat. Terutama bagi kesehatan tubuh termasuk mengobati banyak penyakit.

Daun Kemangi mengandung sejumlah senyawa penting, diantaranya: senyawa anetol, senyawa 1-8 sineol, zat arigin, zat flavonoid, boron, stigmasterolnya, eugenol, betakaroten, magnesium, zat triptofan, dan masih banyak lagi zat- zat lainnya.

Khasiat Kemangi untuk mengatasi beberapa penyakit serta penjelasannya:

Baik untuk jantung dan membersihkan darah

Daun kemangi dapat membantu membersihkan darah dengan cara melepaskan racun dari dalam tubuh. Daun kemangi juga dapat membantu mengontrol tekanan darah, kandungan antioksidan eugenol dalam kemangi membantu mengurangi kadar kolesterol dan kadar glukosa darah, sehingga mengurangi risiko penyakit jantung.

Pencegahan jerawat

Daun kemangi bisa dimakan untuk mencegah jerawat, karena memiliki kemampuan untuk membersihkan darah. Selain itu, Kemangi juga mengandung agen anti bakteri dan anti jamur.

Kesehatan kulit wajah

Menggosok daun kemangi kering di wajah akan meningkatkan penampilan yang lebih muda dan segar. Menerapkan daun kemangi yang dihaluskan pada wajah dan leher akan meningkatkan warna kulit cerah dan segar.

Pengobatan infeksi kulit

Karena memiliki sifat anti bakteri, anti biotik dan anti jamur, daun kemangi juga dapat dipakai untuk membatasi pertumbuhan bakteri penyebab infeksi kulit.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Banyak cara untuk meningkatkan kekebalan tubuh agar terhindar dari segala penyakit, salah satunya dengan daun kemangi. Kandungan beta karoten berguna sebagai antibodi tubuh, dan mampuh memperbaiki sel tubuh yang rusak. Serta berguna juga untuk menjaga kesehatan mata.

Mengobati panu

Jika memiliki panu di bagian tubuh, daun kemangi bisa dijadikan solusi untuk menghilangkan panu. Haluskan daun kemangi yang sudah dicuci, kemudian tambahkan sedikit kapur sirih, lalu oleskan pada bagian tubuh yang terkena panu.

Mengobati sariawan

Jika dibiarkan sariawan dapat mengurangi nafsu makan, karena tiap akan menyantap makanan pasti membuat bibir terasa perih. Dengan demikian, gunakan daun kemangi untuk mengatasinya, cukup dengan cara menambahkan daun kemangi sebagai lalapan saat makan.

Membantu perkembangan tulang

Dalam masa pertumbuhan, kalsium sangat diperhatikan guna mempercepat pertumbuhan dan menguatkan tulang. Selama ini, mungkin hanya susu yang sering dikonsumsi, namun kandungan kalium dan fosfor pada daun kemangi sangat baik dalam pembentukan tulang. Jika sudah menginjak remaja dan tua, berguna untuk mencegah terjadinya tulang keropos.

Mengatasi keputihan

Kandungan senyawa eugenol memiliki khasiat yang mengatasi jamur penyebab keputihan. Maka dari itu bagi wanita yang mengalami keputihan tidak usah bingung untuk mengatasinya, cukup dengan mengkonsumsi dun kemangi segar dengan rutin.

Mengatasi stroke

Kandungan isoflavon pada daun kemagi, dapat meningkatkan fungsi pembuluh darah, sehingga berguna untuk mencegah dan mengatasi penyakit stroke

Cara mengolah Daun Kemangi untuk dijadikan herbal atau obat tradisional:

Dengan cara menggiling dan merebus 200-250 gram daun kemangi dan dicampur dengan minyak biji wijen dapat oleskan pada kulit untuk menyembuhkan gatal-gatal.

Campuran daun kemangi dan jus lemon juga dapat dioleskan pada kulit untuk mengobati kurap.

Tumbuk seluruh bagian tanaman kemangi sampai halus, lalu balurkan pada bagian tubuh yang sakit.

Makan daun kemangi yang masih segar untuk menghilangkan bau badan.

Itulah manfaat dan khasiat Daun Kemangi. Masih banyak lagi kandungan-kandungan lainnya yang berguna bagi kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat..!**