PALEMBANG.HALUANSUMATERA.COM – Memperkuat Sumatera Selatan Sebagai Lumbung Pangan Nasional Melalui Peran Sun Sektor Tanaman Pangan dan Hortikultura Dalam Menopang Pertumbuhan Ekonomi Ditengan Pandemi Covid -19.

Rapat kerja daerah ini dilaksanakan di Ballroom Hotel Aryaduta,Selasa (23/2/2021) Palembang.

Gubernur Sumsel H Herman Deru mengatakan, semua pihak seperti Dinas Pertanian, Pemkab/Kota, hingga pihak yang menjadi rekanan untuk fokus melakukan peningkatan produktivitas pertanian khususnya beras di Sumsel.

Berbagai langkah dapat dilakukan dalam upaya peningkatan produktivitas pertanian, termasuk dengan menekan angka kerugian atau kehilangan panen losses pada padi,“ungkapnya.

Kabupaten/Kota yang memiliki lahan pertanian untuk fokus menyikapi angka losses pada padi tersebut sehingga produksi padi di Sumatera Selatan dapat maksimal.

“ Tahun ini kita akan buat semacam kompetisi tentang losses. Artinya penilaian akan kita fokuskan untuk penurunan losses kabupaten/kota harus berlomba dalam menurunkan losses ini sehingga hasil produksi pertanian dapat meningkat,“tandasnya

Lebih lanjut Plt Kadis Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Sumsel Dr Ir H R. Bambang Pramono M.Si menambahkan,“ Saat ini pihaknya tengah konsentrasi melakukan peningkatan untuk produksi pertanian. Ditahun 2021 untuk tanaman pangan seperti padi ditargetkan dapat mencapai 400.000 ton, jagung 150.00 ton dan bawang putih 7 ton.

“ Peningkatan itu juga harus ada dukungan dari berbagai pihak. Termasuk juga mendorong penyediaan benih unggul dan alsintan yang harus di manfaatkan secara maksimal,“ pungkasnya.(Ocha)