• Berita
  • Meski Pandemi, Layanan di Kantor BPJS Kesehatan Tetap Jempolan

Meski Pandemi, Layanan di Kantor BPJS Kesehatan Tetap Jempolan

7 bulan ago
279

HALUANSUMATERA.COM-Beti Susanti (30), seorang ibu dari satu anak kelahiran Desa Kertosari, nampak antusias berbagi pengalamannya saat ke Kantor BPJS Kesehatan Cabang Lubuklinggau. Datang bersama teman kerjanya di Puskesmas Mangunharjo, Beti dengan sukarela menceritakan kisahnya saat mendapatkan pelayanan prima berbekal kartu JKN-KIS.

Beti mengaku puas dengan pelayanan yang diberikan BPJS Kesehatan. Menurutnya, pandemi tidak menjadi penghalang bagi BPJS Kesehatan untuk memberikan pelayanan yang terbaik, ditambah lagi dengan protokol kesehatan yang ketat membuat Beti nyaman untuk datang ke kantor BPJS Kesehatan.

Sebelum berangkat ke kantornya, Beti menyempatkan diri ke Kantor BPJS Kesehatan untuk melakukan cetak kartu, karena ia baru saja mendaftarkan diri beserta keluarganya menjadi peserta JKN-KIS pada segmen peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) kelas 3.

“Ketika datang, saya disapa dengan ramah oleh security dan diarahkan untuk cuci tangan menggunakan sabun cair yang telah disediakan, lalu dilanjutkan dengan pengukuran suhu tubuh. Alhamdulillah suhu tubuh saya normal.

Lalu, saya ditanya tentang keperluan saya datang ke Kantor BPJS Kesehatan. Semua peserta yang duduk mengantre di kursi tunggu pun menggunakan masker dan menjaga jarak, sehingga saya tidak khawatir. Secara keseluruhan pelayanan di kantor BPJS Kesehatan bisa dibilang jempolan,” tutur Beti.

Beti juga melanjutkan bahwa setelah menyampaikan maksud kedatangannya, ia diarahkan oleh Service Officer (SO) untuk mengunduh aplikasi Mobile JKN di handphone miliknya. Petugas SO lantas mengedukasi dirinya untuk melakukan registrasi dilanjutkan dengan login pada aplikasi untuk mendapatkan kartu JKN-KIS miliknya dan keluarga secara digital.

“Jujur saja saya baru tahu jika kartu JKN-KIS tidak perlu dicetak. Dengan adanya kartu digital ini tentu saya tidak repot untuk membawanya kemana-mana. Apalagi setelah mendapatkan penjelasan SO bahwa aplikasi Mobile JKN ini dapat memantau pembayaran iuran saya perbulan apakah sudah ditarik oleh sistem autodebet bank. Hal ini untuk menjaga kartu saya agar tetap aktif,” ungkap Beti.

Di akhir ceritanya Beti menyampaikan bahwa ia akan mengedukasikan mitra kerja dan saudara-saudaranya akan kemudahan akses yang didapat dari aplikasi Mobile JKN.