OKI,HALUANSUMATERA.COM-Keberadaan jurnalis yang bertugas di suatu daerah menjadi sangat penting untuk kemajuan daerah. Untuk itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan (Sumsel) mengapresiasi para awak media yang bertugas di Bumi Bende Seguguk tersebut.

“Wartawan sebagai penyampai informasi dan penghubung pemerintah dengan masyarakat. Kami sangat mengapresiasi kehadiran insan pers. Tanpa wartawan, program dan informasi tidak akan sampai kepada masyarakat,” kata Bupati OKI H Iskandar SE melalui Asisten III Setda OKI, H M Lubis SKM MKes saat membuka Konferensi Kabupaten PWI OKI di Kayuagung, Rabu (18/11/2020) siang.

Ke depan, dia mengajak insan pers untuk senantiasa bersinergi dalam membangun Kabupaten OKI. “Pemerintah selaku penyelenggaranegara dan insan pers sebagai penyeimbang. Kami mengajak untuk membangun daerah melalui tupoksi masing-masing,” ujarnya.

“Pers membangun OKI melalui pemberitaan yang tentunya berdasarkan dan mengandung kode etik jurnalistik, bersifat independen, dan sesuai fakta. Memberikan pembelajaran dan pencerahan kepada masyarakat di tengah keterbukaan dan kemudahan informasi,” katanya menambahkan.

Sementara itu, Ketua PWI Sumsel, Firdaus Komar menjelaskan, konferensi merupakan salah satu alat untuk silaturrahmi dan mencapai suatu tujuan. Yang mana di dalamnya terdapt pemilihan ketua yang akan menahkodai organisasi ini.

“Berbicara konferensi, ini jugq untuk mengevaluasi kinerja dan untuk kepentingan organisasi. Siapapun terpilih, itu yg dihormati,” ujarnya.

Dalam konferensi yang diwarnai sejumlah dinamika tersebut, muncul dua nama yang dicalonkan untuk menjadi ketua PWI OKI Periode 2020-2023 yaitu Mujianto dan Nurmuin. Hasilnya, Mujianto terpilih sebagai ketua PWI OKI.

Dalam sambutan perdananya, Mujianto mengajak para awak media di Kabupaten OKI khususnya para anggota PWI untuk bersam membesarkan organisasi ini. Ke depan, lanjut Mujianto, pihaknya akan menjalankan sejumlah program yang di dalamnya akan bekerjasama dengan berbagai instansi mulai dari Pemerintah Daerah, Kepolisian dan berbagai instansi lainnya.(nurlis)