PALEMBANG,HS-Pembukaan orientasi caregiver dalam perawatan jangka panjang bagi lanjut usia Oleh Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan, yang dihadiri dan dibuka Dra. Lesty Nurainy Apt.,M.Kes, yang di gelar Hotel Swarna Dwipa, Rabu (14/10/2020).

Dra.Lesty Nurainy Apt.,M.Kes Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel mengatakan, proses menjadi tua mengakibatkan para lanjut usia (lansia) mengalami kemunduran mental. Salah satu permasalahan yang sangat mendasar pada lansia adalah masalah kesehatan.

Upaya untuk meningkatkan kesehatan pada masyarakat khususnya kelompok pra lansia dan lansia serta dalam pembinaan dan pelayanan kesehatan yang dilakukan untuk tingkat keluarga. Serta pelayanan tingkat masyarkat melalui posyandu lansia, serta memberikan pelayanan kesehatan santun lansia serta memberikan memberika pelayanan rujukan kerumah sakit.

” Puskesmas memberikan pelayanan yang lebih mengutamakan upaya promotif dan preventif tanpa mengabaikan upaya kuratif dab rehabilitatif bagi lansia yang mempunyai masalah kesehatan,” bebernya.

Dia menambahkan bahwa penyakit yang diderita dan meningkatnya tingkat disabilitas pada lansia, merupakan indikasi diperlukannya perawatan jangka panjang (PJP) dan untuk mempertahan tingkat kemandirian, mengurangi ketergantungan, mencegah komplikasi penyakit serta merasa bermartabat serta memberikan lansia hidup agar terjaga semasa hidupnya.

Dia juga menuturkan,” para peserta pelatihan Caregiver Dalam Perawatan Jangka Panjang Bagi Lansia adalah dari beberapa Dinkes Kabupaten dan Kota di Sumsel serta dari Puskesmas. Dan memberikan Pelayanan perawatan jangka panjang untuk lansia optimal melalui peningkatan kapasitas kepada petugas puskesmas,” pungkasnya (Och)