Pangdam II/Swj Pimpin Upacara Hari Infanteri ke-73 di Markas Yonif 141/AYJP

5 bulan ago
298

MUARA ENIM, HALUANSUMATERA.COM – Kodam II/Swj, menggelar Puncak Peringatan Hari Infanteri TNI AD Ke-73 Tahun 2021 yang dipusatkan Lapangan Upacara Markas Batalyon Infanteri 141/AYJP Jalan Lintas Barat Sumatera, Kabupaten Muara Enim, Minggu (19/12/2021). Upacara Hari Infanteri Ke-73 Tahun 2021 ini dipimpin langsung oleh Pangdam II/Swj Mayjen TNI Agus Suhardi.

Dalam upacara yang diselenggarakan secara sederhana namun khidmat ini, diwarnai penampilan, “Pasukan Tradisional Tahun 1945 atau Tentara Tempo Doeloe”, sebagai kilas balik perjuangan rakyat Indonesia yang bergabung dalam ketentaraan di masa lampau.

Kemudian, dirangkaikan dengan kegiatan penyerahan simbol Yuddha Wastu Pramuka Jaya, yang merupakan manifestasi dari bentuk jiwa korsa sekaligus kebanggaan bagi Prajurit Infanteri, sebagai pasukan terdepan dalam setiap pertempuran.

Komandan Pussenif Kodiklatad Letnan Jenderal TNI Arif Rahman MA, dalam amanat tertulisnya yang dibacakan Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Agus Suhardi menyampaikan bahwa, pada Peringatan Hari Infanteri Ke-73 Tahun 2021 kali ini mengambil tema “ Infanteri yang solid, visioner dan profesional”. Tema tersebut mencerminkan satu kesatuan yang bersatu padu, memiliki jiwa korsa yang kuat dan dinamis, memiliki kemauan untuk menjadikan satuannya lebih baik, memiliki visi yang jauh ke depan, sehingga dapat memprediksi tantangan yang akan dihadapi dan menentukan solusi antisipasi jauh sebelum tantangan tersebut menjadi nyata serta memiliki profesionalisme keprajuritan yang dapat diandalkan.

“Makna tema tersebut juga memancarkan semangat pengabdian, ikhlas berkorban, pantang menyerah serta mendahulukan kepentingan bangsa dan negara,” kata Pangdam.

Selanjutnya, kebersamaan dengan rakyat menjadi bagian penting dan strategis dalam mendukung pencapaian suatu tugas pertempuran. Nilai-nilai ketokohan, patriotisme, kepemimpinan dari seorang Panglima Besar Jenderal Sudirman, Nilai Kejuangan, Profesionalisme Keprajuritan dan sifat pantang menyerah serta nilai Kemanunggalan TNI dengan Rakyat harus selalu terpatri dalam jiwa setiap Prajurit Infanteri.

“Saya berharap, tema tersebut kita jadikan sebagai komitmen bersama untuk diimplementasikan melalui langkah dan tindakan nyata secara konsisten sesuai dengan peran, tugas dan fungsi serta tanggung jawab masing-masing,”;urai Pangdam.

“Saya berpesan kepada kita semua selaku Keluarga Besar Korps Infanteri, agar tetap jaga kekompakan, pertahankan semangat juang dan kinerja serta kecintaan kita kepada Korps Infanteri, tidak berbuat pelanggaran dan terus berlomba-lomba untuk menciptakan prestasi yang berguna bagi Korps Infanteri, TNI AD, TNI, masyarakat, bangsa dan negara”, pungkas Pangdam mengutip amanat Danpussenif.

Usai upacara, kegiatan dilanjutkan dengan acara Syukuran dan pembagian sembako secara simbolis yang dipimpin oleh Pangdam II/Swj Mayjen TNI Agus Suhardi didampingi Ketua Persit KCK PD II Sriwijaya Ny. Shinta Agus Suhardi.

Tampak hadir dalam acara tersebut, Irdam II/Swj Brigjen TNI Henra Hari Sutaryo, Kapoksahli Pangdam II/Swj Brigjen TNI Muchamad Bayu Hartono, Kasrem 044/Gapo, Danrindam II/Swj, Danbrigif 8/GS, para Asisten dan Kabalakdam II/Swj, para Pengurus Persit KCK PD II Sriwijaya dan Sekda beserta unsur Forkopimda Kabupaten Muara Enim lainnya. (*)