MARTAPURA, HALUANSUMATERA.COM – Panglima Kodam II/Sriwijaya Mayjen TNI Agus Suhardi, meninjau pelaksanaan Latihan Uji Siap Tempur (UST) Tingkat Kompi/Baterai Terintegrasi Satuan jajaran Kodam II/Swj Tahun 2021 yang digelar di Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) Kodiklat TNI AD Martapura – Baturaja, Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Senin (11/10/2021).

Latihan UST tingkat Kompi/Baterai Terintegrasi Satuan jajaran Kodam II/Swj ini berlangsung selama empat hari mulai dari tanggal 11 – 14 Oktober 2021 mendatang.

Latihan ini, juga diikuti 672 personel dari berbagai satuan jajaran Kodam II/Swj, yang terdiri dari, Yonif 143/TWEJ berjumlah 236 orang (2 Kompi), Yonkav 5/DPC 79 orang (1 Kompi), Yonarmed 15/105 Tarik Cailendra 114 orang (1 Rai), Yonarhanud 12/SBP 123 orang (1 Rai) dan Yonzipur/SG 120 orang (1 Kompi).

Dalam arahannya, Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Agus Suhardi menjelaskan, bahwa, UST Terintegrasi merupakan suatu bentuk latihan terintegrasi yang melibatkan beberapa satuan dalam satu waktu secara bersamaan dengan metode geladi lapang dan itu juga sebagai sarana untuk melihat hasil yang telah dicapai dalam latihan sebelumnya, sekaligus untuk mengukur kesiapan tempur satuan tingkat Kompi yang dilaksanakan secara terintegrasi yang melibatkan satuan Infanteri, Kavaleri, Armed, Arhanud dan Zeni.

“Adapun tujuan dilaksanakannya UST ini, untuk menguji dan mengukur kemampuan tempur satuan tingkat Kompi/Baterai dalam mengaplikasikan teknik, taktik dan prosedur tingkat Kompi/Baterai secara terintegrasi sesuai ketentuan yang telah ditetapkan,” jelas Pangdam, Senin (11/10/2021), di Lapangan Bola Bukti Mulia Kelurahan Veteran Kecamatan Martapura Kabupaten OKU Timur.

Pangdam juga menekankan agar para prajurit yang terlibat latihan agar melaksanakan UST dengan sungguh-sungguh dan penuh rasa tanggung jawab, guna mewujudkan kualitas kemampuan prajurit, baik secara perorangan, kelompok dan dalam hubungan organisasi, sehingga diperoleh kesiapan operasional satuan yang tinggi dalam menghadapi tugas pokok.

“Dalam melaksanakan tugas kita harus tetap ikhlas, senang serta menyukai apapun tugas kita di lingkungan TNI, dan jangan lupa harus tetap menjaga kesehatan,” kata Pangdam.

Selain itu, Pangdam juga mengingatkan untuk selalu bertanya apabila belum mengerti apa tugas dan tanggung jawab selama melaksanakan latihan.

“Jangan malu bertanya apabila kita tidak mengetahui tentang tugas dan tanggung jawab tugas kita dan laksanakan latihan ini dengan penuh semangat,” ujar Pangdam.

Tambah Pangdam, kepada penyelenggara, agar menyelenggarakan UST ini dengan sungguh-sungguh dan penuh rasa tanggung jawab, sesuai dengan Direktif UST.

“Perhatikan faktor keamanan dalam setiap kegiatan dan terapkan Protokol Kesehatan secara ketat, sehingga peserta terhindar dari penyebaran Covid-19 maupun hal-hal lainnya yang tidak diinginkan,” pungkas Pangdam.

Turut hadir mendampingi Pangdam II/Swj, antara lain, Asops Kasdam II/Swj Kolonel Inf Willy Brodus Yos Rohadi, Wadanrindam II/Swj, Kasiops Korem 043/Gatam, Dandim 0403/OKU, Danyonif 143/TWEJ, Danyonkav 5/DPC, Danyonzipur 2/SG, Danyonarmed 15/105 Tarik Cailendra, Danyonarhanud 12/SBP dan Kasmin Pangdam II/Swj. (*)