BATURAJA, HALUANSUMATERA.COM- Bertempat di ruanag rapat Paripurna DPRD Kabupaten OKU digelar kegiatan rapat Paripurna Penetapan Usul Pemberhentian Bupati dan Wakil Bupati OKU berkaitan dengan berakhirnya masa jabatan Bupati periode 2016-2021. Rabu (13/1/21)
Rapat Paripurna dipimpin oleh Ketua DPRD OKU Ir H Marjito Bachri didampingi wakil ketua DPRD OKU Yoni Risdianto SH dan Yudi Purna Nugraha SH dan dihadiri oleh DR Drs H Achmat Tarmizi SE MH selaku Sekertaris Daerah mewakili Bupati OKU beserta  unsur Forkominda, para pejabat dilingkungan pemerintah Kabupaten OKU.
Rapat Paripurna dengan agenda penetapan usulan pemberhentian Buapti dan Wakil Bupati OKU yang telah habis masa jabatannya periode 2016-2021 diawali dengan pembacaan rancangan keputusan DPRD OKU tentang usulan pemberhentian Bupati dan wakil Bupati Periode 2016-2021 yang dibacakan oleh Sekertaris Dewan A Karim SE MT.
Dikatakan ketua DPRD OKU, berdasarkan keputusan mentri dalam negri nomor 131.16-579  tahun 2016 tentang pengesahan pemberhentian dan pengesahan pengangkatan bupati OKU serta keputusan menteri dalam negeri nomor 132.16-157 tahun 2016 tentang pengesahan pemberhentian dan pengesahan pengangkatan Wakil Bupati OKU. Dimana kedua keputusan tersebut menyebutkan bahwa kepala daerah dan wakil kepala daerah memegang jabatan selama lima tahun terhitung sejak pelantikan.
“Selanjutnya pimpinan DPRD kabupaten OKU menetapkan keputusan pimpinan DPRD Nomor 10 Tahun 2021 tentang susunan acara dan jadwal rapat paripurna DPRD dengan agenda pokok penetapan Usulan Pemberhentian Bupati OKU berkaitan dengan berakhirnya masa jabatan Bupati OKU periode 2016-202,” ucapnya saat memimpin rapat.
Lebih lanjut dikatakan Ketua DPRD OKU. Berpedoman undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintah daerah pada pasal 78 ayat 2 huruf a menyatakan bahwa kepala daerah dan atau wakil kepala daerah diberhentikan karena berakhir masa jabatannya serta pada pasal 29 ayat 1 menegaskan bahwa pemberhentian kepala daerah dan atau wakil kepala daerah diumumkan oleh pimpinan DPRD dalam rapat paripurna dan diusulkan oleh pimpinan DPRD kepada Presiden melalui menteri untuk gubernur dan wakil gubernur serta kepada Menteri melalui Gubernur sebagai Wakil pemerintah pusat untuk Bupati dan atau Wakil Bupati atau Walikota dan Wakil Walikota untuk mendapat penetapan pemberhentian.
“Selanjutnya sesuai dengan ketentuan pasal 79 ayat 1 undang-undang nomor 23 tahun 2014 keputusan DPRD ini akan disampaikan kepada Gubernur Sumatera Selatan untuk diteruskan kepada Menteri Dalam Negeri guna mendapat penetapan pemberhentian,” terangnya.
Dikatakan Marjito, melalui itu, pihaknya mengucapkan atas nama pimpinan dan seluruh anggota DPRD kabupaten OKU dan segenap lapisan masyarakat aku menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada saudara Drs H Kuryana Aziz dan Drs Johan Anwar SH MM atas segala jasa dan pengabdian selama menjabat sebagai bupati dan wakil Bupati OKU.
¬†“Semoga keberhasilan yang telah dicapai di bumi sebimbing sekundang akan selalu terpatri dalam kehidupan masyarakat Kami yakin dan percaya bahwa ketokohan karya nyata dan pengabdian yang telah mereka berikan kepada masyarakat selama ini baik dalam bentuk pembangunan fisik mental spiritual pendidikan sosial masyarakat kemudian kepemudaan dan bidang-bidang lainnya. Mudah-mudahan itu semua akan menjadi modal utama bagi kita untuk terus bekerja guna mewujudkan Oku yang semakin maju dan Gemilang di masa yang akan datang,” pungkasnya.
Rapat Paripurna diahiri dengan penandatangan surat keputusa DPRD OKU dan penyerahan buku memori serah terima jabatan Bupati Ogan Komering Ulu tahun 2016-2021 yang diserahkan oleh Bupati OKU Drs H Kuryana Azis melalui DR Drs H Achmat Tarmizi SE MH Sekda OKU mewakili Bupati OKU kepada Ketua DPRD OKU.(hris)