PALEMBANG, HS – Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Sumsel, akan memaksimalkan upaya memastikan pelaksanaan Pilkada Serentak di Wilayah Sumsel agar berjalan aman, lancar, dan tetap sehat dengan penerapan Protokol Kesehatan (Prokes).

Hal ini disampaikan Kasatpol PP Sumsel H Aris Saputra, saat menggelar Rapat Koordinasi Pelaksanaan Pengamatan Pilkada Serentak 2020 di tujuh Kabupaten Wilayah Provinsi Sumsel dikantornya. Senin (30/11/2020)

“Pilkada tahun ini lain dari biasanya, karena dilaksanakan pada saat situasi Pandemi Covid-19, sehingga tentunya ada ketentuan ketentuan yang harus dilakukan,” ujar Aris

Lanjut Aris, rapat koordinasi ini untuk pengamanan dan pelaksanaan pilkada serentak di tujuh kabupaten di Sumsel agar berjalan aman sukses dan tetap sehat.

Aris menjelaskan, Satpol PP sebagai Koordinator Satgas Gabungan Covid-19 yang berada di kabupaten masing-masing berkewenangan memantau, mengecek dan mengingatkan panitia pemungutan suara, untuk dapat melaksanakan sesuai dengan Prokes covid dan jika ada pelanggaran pihaknya tak segan-segan berkoordinasi dengan Panwaslu terkait penerapan sanksi.

“Baik itu persiapan yang dilakukan oleh KPU itu sendiri sebagai penyelenggara dan juga oleh Pasangan Calon (paslon), jadi ketika ada pelanggaran pasti ada sanksinya semuanya itu akan diatur oleh KPU dan Panwas,” ungkap Aris.

“Untuk memastikannya kita akan patroli, turun ke kabupaten dan tim akan dibagi per kecamatan, nanti akan kita arahkan juga Satpol PP di kabupaten untuk membentuk tim di masing masing kecamatan,” tambahnya

Dengan diadakannya Rakor ini, pihaknya ingin menyamakan gerak langkah dan tentu kita akan melaksanakan tugas ini sesuai dengan aturan yang berlaku, baik Satpol PP tupoksinya sebagai penegak Peraturan Daerah (Perda), menciptakan keamanan dan ketertiban, juga Pol PP membantu Panwas dalam pelaksanaan pilkada serentak 2020 ini, agar semuanya berjalan baik, kondusif, sukses dalam pelaksanaan, dan kita tetap sehat. (Ron)