Pedagang dan Sopir Ketek Pasar 16 Antusias Terima Kartu BPJS TK

2 bulan ago
268

PALEMBANG, HS – ANTUSIAS  masyarakat  mulai dari kalangan pedagang, kuli panggul, para pengemudi dan penumpang perahu ketek yang bersender dipelabuhan penumpang sekitar pasar 16 Ilir Palembang begitu terlihat saat mendapati kedatangan Gubernur Sumsel Herman Deru saat  kartu BPJS Ketenagakerjaan kepada pekerja sektor non formal di pasar 16 ilir Palembang, Selasa (29/11).

Terlihat banyak dialog, canda tawa yang mewarnai interaksi Gubernur yang dikenal dekat dengan rakyat tersebut. Bahkan ada momen langka yang terlihat  Herman Deru banyak menyerap  curhatan dari kalangan pedagang dan pengemudi perahu ketek. Ini juga menjadi tanda begitu humble-nya Herman Deru dengan semua kalangan.

Bahkan disela-sela tinjauannya orang nomor satu di Sumsel ini tak sungkan meninjau dari dekat aktivitas masyarakat di sekitar sungai musi tidak jauh dari jembatan Ampera tersebut.

Selain berbincang dengan penumpang dan pengemudi perahu ketek, dikesempatan itu  Herman Deru  juga nampak memilih  kacamata yang dijajakan salahsatu pedagang yang kesehariannya beraktifitas dikawasan tersebut. 

Jenakanya, saat hendak memberikan sambutan pada acara pembagian kartu BPJS Ketenagakerjaan di bawah tenda yang dipasang di taman pelataran dermaga perahu ketek pasar 16 Ilir, Herman Deru malah  memasangkan kaca mata hitam yang baru saja beli itu kepada salah satu warga  yang ada disekitar lokasi acara yang selingi dengan candaan yang menggelitik para hadirin yang hadir  sehingga menjadikan  suasana ditempat itu kian  menjadi lebih hangat dan akrab.

Kehadiran dirinya saat itu pun menjadi motivasi sekaligus   hiburan oleh para pedagang dan masyarakat yang ada disekitar lokasi saat itu. Momen tersebut juga dijadikan sekempatan emas oleh warga untuk selfie bersama dengan Gubernur kebanggaan warga Sumsel itu.

Untuk diketahui pembagian  2000 kartu BPJS Ketenagakerjaan yang lakukan Gubernur Herman Deru kepada pekerja sektor non formal di Pasar 16 Palembang, Selasa (29/11) tersebut, merupakan   CSR PT Perkebunan Nusantara (PTPN7 ) diberikan kepada pekerja sektor non formal yang beraktivitas di pasar 16 Palembang.

Dalam arahannya, Gubernur  Herman Deru menilai 2.000 kartu BPJS ketenagakerjaan yang dibagikan merupakan CSR PT Perkebunan Nusantara (PTPN7 ). Momen ini lanjut dia sebagai langkah awal dalam mengajak BUMN lainnya untuk lebih peduli dengan    sesama.

Oleh karena itu dirinya menghimbau para OPD, instansi vertikal, hingga lembaga korporasi lainnya turut andil  memberikan bantuan kepada ara pekerja non formal.

“Saya terharu ini para pedagang bisa  mendapatkan perlindungan dari BPJS ketenagakerjaan, dengan ini mereka akan merasa aman dalam bekerja. Kita berharap kegiatan ini dapat memantik kepedulian saudara kita terutama para OPD, instansi vertikal dan lembaga bisa memberikan bantuan  untuk mengcover saudara-saudara kita ini, karena kegiatan seperti ini perlu diawali  dalam membangkitkan kepedulian,” tegas  Herman Deru mengawali arahannya. 

Menurut Herman Deru,  pekerja sektor non formal menjadi salah satu pendukung utama dalam upaya  pemulihan ekonomi pasca pandemi. Karena itu  sudah sepantasnya para pekerja non formal tersebut diberikan jaminan sosial ketenagakerjaan.

“Mereka ini adalah pekerja sektor non formal yang telah ikut membantu membangkitkan ekonomi kita, karena itu  sangat pantas kartu BPJS Ketengakerjaan ini diberikan agar  mereka lebih nyaman dan aman dalam bekerja,” tandasnya.

Exit mobile version