• Berita
  • Lahat
  • Regional
  • Pemerintah Kabupaten Lahat Mendapatkan Penghargaan Akan Keberhasilan Dalam Melestarikan Varietas Asli Durian Lokal

Pemerintah Kabupaten Lahat Mendapatkan Penghargaan Akan Keberhasilan Dalam Melestarikan Varietas Asli Durian Lokal

2 hari ago
51

JAKARTA,HALUANSUMATERA.COM-Pemerintah Kabupaten Lahat telah mendapatkan penghargaan akan keberhasilan dan kesuksesanya dalam melestarikan Varietas asli durian lokal pada CNN Award,Rabu(10/07).

Pj Bupati Lahat, Muhammad Farid SSTP Msi dalam hal ini mengemukakan penghargaan ini merupakan kebanggaan tersendiri yang mana, varietas durian lokal asal Bumi Seganti Setungguan dapat menembus sampai ke tingkat nasional.

Durian lingsing dan kebau memang salah satu aset lokal oleh sebab itu mesti di jaga sekaligus dilestarikan, terlebih lagi King of Fruit ini mampu menghasilkan 51.000 kuintal pertahunnya.

Kemudian untuk dua varietas tersebut telah teregistrasi di Kementan RI justru hal itu, menjadi nilai lebih untuk bersaing dengan durian asal daerah lain.

“Perkembangan di bidang pertanian patut kita jaga secara terus menerus, dengan demikian dampak yang diberikan pun bisa membawa peningkatan pendapatan perkapital setiap masyarakatnya.” ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Tanaman Pangan,Holtikultura dan Peternakan Kabupaten Lahat Eti Listina,SP.MM menambahkan melalui CNN award Alhamdulillah Pemerintah Kabupaten Lahat sukses melestarikan Varietas asli Durian lokal dengan melakukan registrasi produksi Durian Lokal dengan Produksi lebih dari 51 ribu kuintal per tahun.

“Ada dua varietas yang telah teregistrasi di kementerian Pertanian RI dan dua varietas tersebut sebagai varietas unggul asli yang ada di Kabupaten Lahat.Dan juga Durian menjadi salah satu aset lokal unggul disektor pertanian dimana buah durian dikenal luas sebagai merek buah lokal terkemuka.”tegasnya.