• Berita
  • Pagaralam
  • Regional
  • Pemerintah Kabupaten Lahat Menyelenggarakan Bimbingan Tekhnis/Sosialisasi imImplementasi Perizinan Berusaha Berbasis Resiko

Pemerintah Kabupaten Lahat Menyelenggarakan Bimbingan Tekhnis/Sosialisasi imImplementasi Perizinan Berusaha Berbasis Resiko

11 bulan ago
792

LAHAT,HALUANSUMATERA.COM-Bertempat di Hotel Bukit Serelo Kabupaten Lahat pada hari ini,Selasa(08/08) di laksanakan pembukaan bimbingan tekhnis/sosialisasi implementasi perizinan berusaha berbasis resiko.Adapun tema yang di usung “Mengetahui hak,kewajiban dan tanggung jawab pelaku usaha”.

Turut hadir dalam acara ini Assisten III Marjono,SE.MM,Kepala Dinas Yahya Edward,SE.M.Si beserta seluruh jajaran,para Kepala OPD di Lingkup Pemerintah Kabupaten Lahat,para peserta dan tamu undangan yang sempat hadir.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DMPTSP) kabupaten Lahat Yahya Edward,SE.M.Si melalui ketua pelaksana Drs.Cik Ujang dalam laporanya menyampaikan penyelenggaraan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko yang terkait langsung dengan perizinan Berusaha UMK yaitu Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 Tentang Cipta Kerja.

Undang-undang tersebut mengamanatkan agar upaya penciptaan kerja melalui kemudahan usaha yang bertujuan untuk menciptakan dan meningkatkan lapangan kerja dengan memberikan kemudahan, perlindungan, dan pemberdayaan terhadap Koperasi dan UMKM dengan tetap memperhatikan keseimbangan dan kemajuan antar daerah dalam kesatuan ekonomi nasional dan menjamin setiap warga negara memperoleh pekerjaan, serta mendapat imbalan dan perlakuan yang adil.

Ketentuan Peraturan Pemerintah Nomor 5 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko melalui Sistem Online Single Submission – Risk Based Approacli (OSS RBA) adalah wajib digunakan oleh pelaku usaha secara terintegrasi dan terkoordinasi melalui Sistem OSS yang dipantau langsung Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), tukasnya,

“Terima kasih kepada para pelaku usaha yang berkenan hadir dalam acara yang sangat baik ini, semoga dengan pelaksanaan kegiatan ini akan dapat memberikan dampak positif bagi kita semua.”sampainya.

Sementara itu Bupati Lahat H. Cik Ujang SH melalui Asisten III Mardjono, SE MM dalam arahanya sekaligus membuka acara secara resmi mengapresiasi kepada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DMPTSP) kabupaten Lahat, yang menggelar kegiatan Bimbingan Teknis/Sosialisasi implementasi Perizinan Berusaha berbasis Risiko,

Kemudian juga mengajak seluruh pelaku usaha untuk bersemangat dalam melaksanakan usaha yang dijalankan sehingga dapat lebih berkembang serta mengikuti kegiatan ini dengan baik.

“Kami berharap kepada seluruh peserta agar mengikuti kegiatan ini dengan sebaik – baiknya sehingga apa yang di harapkan kita semua dapat tercapai.”tuturnya.