LAHAT, HALUANSUMATERA.COM – Bertepatan dengan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN), yang jatuh pada tanggal 21 Februari bertemakan “Sampah bahan baku ekonomi di masa pandemi”, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lahat Ir Agus Salman mengemukakan, bahwa pada peringatan HPSN ini sudah melaksanakan rangkaian kegiatan, Selasa (23/2/2021).

Adapun kegiatan-kegiatan dimaksudkan untuk mengurangi dan mengatasi permasalahan sampah yang ada di Kabupaten Lahat. Tidak hanya itu masyarakat juga diharapkan agar tetap menjaga kebersihan lingkungan sekitar dan tetap menjaga protokol kesehatan pada masa pandemi ini.

“Untuk masyarakat Kabupaten Lahat diharapkan agar lebih peduli terhadap kebersihan lingkungan terutama masalah sampah dengan membuang sampah pada tempatnya. Disamping untuk menjaga kebersihan lingkungan, juga untuk menjaga kesehatan juga,” tuturnya.

Sementara, Kepala Bidang Pengelolaan sampah LB3 dan peningkatan kapasitas Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lahat M Jonliadi SE menambahkan, dalam rangka peringatan HPSN tahun 2021 ini sesuai dengan instruksi dari kementerian lingkungan hidup dan visi misi pemerintah Bupati Lahat, oleh karena itu selain menjadikan sampah menjadi bahan baku ekonomi akan tetapi juga dalam rangka menciptakan Lahat yang bersih dan bercahaya.

Kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan dalam peringatan HPSN ini pemerintah melalui Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lahat yang melaksanakan pembersihan di lokasi-lokasi yang terjadi penumpukan sampah yang pada akhirnya di kirimkan ke TPA untuk di pilih dan di jadikan sumber pendapatan dari sampah.

“Kami sangat mengharapkan, agar masyarakat lebih aktif dan peduli terhadap adanya sampah yang menjadi permasalahan nasional dan juga saling bahu membahu dalam pengelolaan sampah sehingga program-program pemerintah dapat terpenuhi,” ujarnya. (Rochmi)