MUARAENIM, HALUANSUMATERA.COM – Guna meningkatkan daya saing melalui fasilitas pemasaran produk unggulan yang dihasilkan para pengusaha kecil menengah (UKM) dan industri kecil dan menengah (IKM) yang ada di Kabupaten Muara Enim, Pemkab. Muara Enim melalui Dinas Perdagangan membuat Gerai Oleh-oleh Muara Enim yang dibuka secara resmi oleh Penjabat (Pj) Bupati Muara Enim H Nasrun Umar (HNU), Jum’at pagi (19/11).

Gerai Oleh-oleh  yang beralamat di Jalan Jenderal A Yani atau terletak tepat di depan Kantor Bupati Muara Enim ini menyediakan berbagai macam produk khas ataupun cinderamata dari semua sudut Bumi Serasan Sekundang seperti kerajinan tangan, souvenir, makanan, minuman, termasuk busana khas seperti kain batik, kain jumputan, kain songket dan tentu yang tak boleh ketinggalan yakni Kopi Semendo yang cocok untuk dijadikan oleh-oleh bagi para pengunjung atapun para wisatawan yang singgah di Bumi Serasan Sekundang.

Saat menyampaikan sambutannya, Pj Bupati mengungkapkan bahwa Gerai oleh-oleh Muara Enim ini menjawab  kebutuhan masyarakat terkhusus aspek pemasaran, karena UMKM telah memberikan kontribusi yang sangat penting dalam meningkatkan pendapatan masyarakat  Muara Enim, hadirnya gerai ini diharapkan UMKM dapat terus berinovasi dalam mengembangkan produk-produknya.

“Semoga Gerai Oleh-oleh ini dapat dimanfaatkan secara maksimal sebagai sentra promosi kerajinan daerah dengan memamerkan produk kerajinan dan oleh-oleh dari seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Muara Enim,” harapnya.

Selain itu, Pj Bupati juga berharap dengan lokasi yang cukup strategis, Gerai Oleh-oleh Muara Enim ini akan mudah dijangkau dan mudah dilihat siapa pun yang melintas, sehingga diharapkan kedepannya Gerai Oleh- oleh ini dapat menjadi salah satu ikon di Kabupaten Muara Enim.

“Akhirnya, dengan mengucapkan “Bismillahirrahmaanirrahiim” Gerai Oleh-oleh Muara Enim, saya nyatakan resmi dibuka,” ucap Pj Bupati.

Setelah menandatangani prasasti, menggunting pita, dan melepas balon udara tanda diresmikannya Gerai Oleh-oleh Muara Enim, Pj Bupati Muara Enim bersama Ketua Dekranasda Kabupaten Muara Enim Hj Renny Devi Nasrun Umar juga Unsur Forkopimda, Pj Sekda bersama Ketua Dharma Wanita Kabupaten Muara Enim dan tamu undangan  langsung meninjau Gerai Oleh-oleh Muara Enim yang diakhiri dengan nyeruput Kopi Semendo racikan Barista Cilik Bumi Serasan Sekundang. (Rahman)