• Berita
  • PLN UIP3BS dan UP2B Sumbagsel Salurkan Bantuan Kepada Masyarakat dan UMKM

PLN UIP3BS dan UP2B Sumbagsel Salurkan Bantuan Kepada Masyarakat dan UMKM

1 bulan ago
222

PALEMBANG | PLN Unit Induk Penyaluran dan Pusat Pengatur Beban Sumatera [UIP3BS] dan Unit Pelaksana Pengatur Beban Sumatera Bagian Selatan [UP2B Sumbagsel] menyalurkan bantuan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan [TJSL] kepada masayarakat dan UMKM di wilayah kerjanya.


Kali ini program TJSL PLN menyasar UMKM binaan PLN UIP3BS-UP2B Sumbagsel memberikan bantuan modal usaha bertajuk Meningkatan Usaha Keripik Singkong Lestari Mandiri Menggunakan Electrifying Lifestyle, di Jalan Abi Kusno, Lorong Putaran II, Kelurahan Kertapati, Palembang, Kamis [19/5/2022] sore.


General Manager UIP3B Sumatera, Dispriansyah usai memberikan bantuan secara simbolis kepada Suparnoto mengatakan, bantuan TJSL ini tidak hanya kepada usaha micro saja namun juga makro.

“Bantuan TJSL ini diberikan, tak hanya usaha mikro saja namun juga makro, penyaluran bantuan juga terdapat beberapa kriteria dan bantuan ini sudah digelontorkan kepada ratusan UMKM se Sumatera baik dari Aceh hingga Lampung,” jelasnya.


“Jadi seluruh unit PLN pun ikut memberikan bantuan bagi pengusaha kecil dan menengah,” ujarnya.


Dispriansyah menjelasnkan total yang telah digelontorkan se Sumatera, mencapai Rp1,67 Miliar.


“Harapan kami, dengan program TJSL ini dapat membangkitkan, menggeliatkan dan menumbuhkan kembali perekonomian masyarakat pasca pandemi COVID-19,” ucapnya.


Sementara, Manager PLN UP2BS A August Achilies mengatakan program ini merupakan program tahunan bagi UMKM yang berada di sekitar wilayah instalasi atau kerja.


“Dalam penyaluran juga tidak serta merta ada UMKM yang butuh langsung digelontorkan, namun di situ kita mendata, mensurvey terlebih dahulu dan prioritas yang kita bantu berada di sekitar lingkungan instalasi,” tuturnya.


Menurutnya, tak hanya sekedar memberikan bantuan, namun juga terdapat beberapa tahapan. Pasca pemberian bantuan, maka diharapkan UMKM yang dibantu dapat lebih maju dan berkembang dalam usahanya.


“Kebalikannya jika terdapat kendala dalam usahanya maka kita akan evaluasi, apa yang menjadi penghambat dalam perkembangan usaha si penerima bantuan, dan ini merupakan bentuk dari TJSL tadi,” jelasnya.


Suparnoto, penerima bantuan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PLN UIP3BS Sumatera mengatakan, sangat senang dengan adanya bantuan dari PLN ini.
Ia menjelaskan, bisnis keripik Lestari Mandiri miliknya dulu dilakukan dengan cara manual, namun berkat ada bantuan TJSL dari PLN kini dirinya bisa melakukan dengan menggunakan listrik.


“Berkat bantuan dari PLN UIP3BS Sumatera yang tadinya saya menggunakan lilin, sekarang dengan adanya bantuan pihak dari PLN kami bisa membeli alat perekat plastik listrik, akhirnya pekerjaan kami bisa lebih mudah dan lebih cepat,” ungkapnya.


Selain itu bantuan yang di berikan PLN dibelanjakannya peralatan listrik sebanyak 60 persen dan bahan baku sebanyak 40 persen.


“Kami membeli alat perajang singkong, untuk membuat keripik, tadinya kami melakukan secara manual, sekarang saya bisa membeli mesin seperti ini, karena perbandingannya 1 berbading 5 dan hasilnya juga lebih bagus,” terangnya.


Bantuan sebesar Rp.20 juta yang diberikan kepada usaha Lestari Mandiri oleh Suparnoto dibelikannya juga Blander, pencetak pangsit, oven berukuran besar dan perekat plastik listrik.


Sedangkan, Lurah Kertapati Sri Endang Kurniawati SH melalui Kasi Pemerintahannya, Denny Akbar menyambut baik bantuan yang digelontorkan PLN kepada UMKM di wilayahnya.

“Bahwa tak hanya bantuan bagi pelaku UMKM saja, sebelumnya saat masa Pandemi COVID-19 banyak sekali bantuan dari PLN yang disalurkan seperti sembako, dan vaksinasi COVID-19,” jelas Denny.


“Kita berharap tak hanya ini saja bantuan yang diberikan, saat Idul Adha nanti PLN dapat melakukan pemotongan hewan kurban untuk masyarakat di sekitar wilayah kerjanya,” harapnya.