Raih 70 Ribu Suara, Hensyi Fitriansyah Menangkan Polling Calon Walikota Palembang

4 minggu ago
263

PALEMBANG, HS – Bakal Calon walikota Palembang 2024 Hensyi Fitriansyah kembali memenangkan polling calon walikota Palembang 2024.

Hasil akhir polling yang dirilis 31 Agustus 2022, Hensyi Fitriansyah berhasil memenangkan polling dengan persentase suara 70.5 persen atau 70 ribu 500 suara.

Posisi kedua diraih wakil walikota Palembang, Fitrianti Agustinda yang meraih 12 ribu 300 suara atau sebesar 12.3 persen.

Ayu Giri Ramandha melengkapi posisi tiga besar, meraih 4 ribu suara dengan persentase 4 persen.

Peneliti lembaga pollingkita.com, Andi Noverta menjelaskan polling kali ini diikuti 10 kandidat bakal calon walikota Palembang 2024, berlangsung selama enam bulan dengan jumlah pemilih sebanyak 100 ribu warga kota Palembang.

“Polling 10 kandidat ini merupakan polling putaran kedua, dimana pesertanya diambil dari 10 besar hasil polling putaran pertama yang jumlah pesertanya 40 kandidat dari berbagai profesi,” ujar Andi dalam rilis yang diterima, Jumat (9/9/2022).

Pada polling putaran pertama juga dimenangkan oleh Hensyi Fitriansyah dengan persentase suara 41 persen, lalu Fitrianti Agustinda 26 persen dan Ayu Giri Ramandha 24 persen.

Andi menjelaskan dari pertengahan tahun 2021 hingga akhir tahun 2022 ini, pihaknya telah beberapa kali menggelar polling calon walikota Palembang.

Sebelum muncul nama Hensyi Fitriansyah di awal tahun 2022, polling calon walikota Palembang didominasi oleh calon atas nama Ahmad Zulinto. Kemudian awal tahun 2022 muncul nama Aris Saputra, baru setelah itu muncul nama Hensyi Fitriansyah.

Suara kemenangan tertinggi dari Zulinto sebesar seribu suara, suara tertinggi kemenangan Aris Saputra 11 ribu suara, sementara suara kemenangan Hensyi diawal tahun 2022 sebesar 30 ribu suara.

“Lalu kami menggabungkan tiga nama tersebut dalam satu polling yang diikuti 40 kandidat . “ Dari 40 kandidat tersebut, munculah 10 besar kandidat. Dan setelah kami adu lagi selama 6 bulan, munculah nama Hensyi Fitriansyah sebagai pemenang polling dengan persentase suara 70.5 persen atau 70 ribu 500 suara,” jelas Andi.

Andi mengatakan selain polling selama enam bulan ini, pihaknya juga menggelar puluhan polling lainnya dengan jumlah pemilih ribuan, puluhan ribu sampai ratusan ribu pemilih.

“Saat nama Hensyi Fitriansyah kami masukan dalam polling, semua polling dimenangkan oleh Hensyi. Namun saat nama Hensyi tidak ada dalam polling, maka akan muncul nama lainnya sebagai pemenang polling seperti Aris Saputra, Ahmad Zulinto atau Basyarudin Ahmad,” kata Andi sambil memperlihatkan puluhan hasil polling calon walikota Palembang 2024 dari tahun 2021 sampai akhir tahun 2022 ini.

Ditanya soal keakuratan hasil polling, Andi memastikan kalau polling ini akurat dan tidak berpihak dengan salah satu kandidat. “ Polling ini juga murni. Satu pemilih hanya bisa satu kali memberikan pilihan. Jika ada 50 ribu pemilih, artinya sebanyak itulah jumlah pendukung calon tersebut,” terang Andi.

Meskipun hasil polling ini akurat, namun Andi tidak bisa memastikan kalau pemenang polling akan memenangkan Pilkada Palembang 2024. Kalau untuk menang pilkada, kita tidak bisa memastikan. Ini kan baru sebatas polling, bukan pemilihan yang sesungguhnya

Dengan mata pilih Pilkada Kota Palembang sebesar 1.1 juta pemilih, tidak bisa kita ambil kesimpulan kalau pemenang Polling akan memenangkan Pilkada, apalagi Polling hanya diikuti ratusan ribu pemilih dari total pemilih 1 juta di Kota Palembang.

“Namun hasil polling bisa dijadikan gambaran kekuatan dan persiapan bakal calon menghadapi Pilkada Palembang 2024.. Misal seorang kandidat meraih 50 ribu suara, artinya minimal sudah ada 50 ribu pendukung kandidat tersebut. Belum ditambah pendukung lainnya dari kandidat tersebut yang tidak menyalurkan suara dalam polling,”

“Kalau dihitung memang masih sangat jauh. Baru 5 persen dari total mata pilih kota Palembang, tapi paling tidak kemenangan polling bisa menunjukan gambaran kecil kekuatan kandidat. Kalau tidak ada pendukung, siapa yang mau memberikan suara dalam polling. Apalagi polling ini kami sebarkan ke ratusan grup FB dan grup WA di Kota Palembang,” tutupnya. (Rill/Ron)