• Berita
  • Sumsel
  • Silaturahmi Dengan Pangdam II/Sriwijaya, Pj Gubernur Elen Setiadi Bahas Upaya Antisipasi dan Penanganan Karhutla di Sumsel

Silaturahmi Dengan Pangdam II/Sriwijaya, Pj Gubernur Elen Setiadi Bahas Upaya Antisipasi dan Penanganan Karhutla di Sumsel

2 minggu ago
59

PALEMBANG, HALUANSUMATERA.COM — Usai melakukan inspeksi mendadak (Sidak) di lingkungan Sekretariat Daerah (Setda) kantor Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel). Penjabat (Pj) Gubernur Sumsel Elen Setiadi, S.H., M.S.E  melakukan kunjungan silaturahmi dengan Panglima Kodam (Pangdam) II/Sriwijaya Mayor Jenderal TNI Mohammad Naudi Nurdika, S.IP., M.Si., M.Tr (Han) di Makodam Jalan Sudirman Palembang, Selasa (25/6/2024) siang.

Dalam pertemuan itu, keduanya terlihat sangat akrab membahas sejumlah fenomena yang kerap terjadi di Sumsel  salah satunya terkait dengan upaya antisipasi terjadinya bencana tahunan berupa Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang kerap melanda sejumlah kawasan dalam wilayah Provinsi  Sumsel. Untuk itu Elen Setiadi menegaskan pihaknya akan mempercepat melakukan pencegahan (preventif) terjadinya Karhutla sebelum  masuk musim kemarau yang diprediksi akan terjadi menjelang akhir tahun 2024 ini.

“Kita tadi sudah diskusi bersama, tahun ini kita akan melakukan lebih cepat penanganan karhutla, untuk  itu Satgas kita akan percepat untuk dibentuk. Tugas ini harus dilakukan bersama semua pihak,” tegasnya.

Dikatakan, dirinya bersama dengan Pangdam II/Sriwijaya  akan segera  turun kelapangan meninjau dari dekat sejumlah titik lokasi yang kerap dilanda  Karhutla. Tujuannya tidak lain untuk memudahkan dalam upaya antisipasi termasuk penanganan jika karhutla terjadi.

“Rencananya kita juga akan meninjau daerah yang berpotensi terjadinya kebakaran, untuk waktunya kita akan infokan lagi nanti saat tahapnya masih sosialisasi pencegahan karhutla,” tambahnya.

Sementara itu, Pangdam II/Sriwijaya Mayor Jenderal TNI Mohammad Naudi Nurdika mengatakan, upaya penanganan Karhutla di Sumsel pada t tahun 2023  cukup efektif dilakukan berkat kerjasama semua stakeholder yang ada yang secara bahu membahu melakukan upaya pemadaman di lapangan.

“Tahun kemarin itu penanganan Karhutla di Sumsel cukup berat, tapi Alhamdulillah itu bisa diatasi dan sempat juga mendapatkan penghargaan,” kata Pangdam.

Pangdam mengakui meskipun penanganan Karhutla di Sumsel mampu dilakukan dengan sukses namun pihaknya tetap mengharapkan kerjasama semua pihak dalam melakukan upaya antisipasi karhutla hingga  hingga ke pelosok Sumsel di tingkat Kabupaten/kota.

“Alhamdulillah semua teratasi berkat kerja serentak yang kami bangun dengan melibatkan  semua  stakeholder dan semua lapisan masyarakat. Sekarang ini tengah diadakan sosialisasi dan dilakukan di sejumlah Kabupaten dan Kota di Sumsel,” imbuhnya.

Kepada Pj Gubernur Sumsel yang baru Elen Setiadi, secara khusus Pangdam menegaskan, jajarannya siap  siap membantu mensukseskan semua program pembangunan yang dijalankan  Pemerintah Daerah (Pemda).

“Kami siap bersinergi membantu Pemda apa yang akan dibutuhkan kita siap-siap saja, karena hal ini juga sudah menjadi tugas kami untuk mensukseskan program pemerintah daerah,” tandasnya.

Tutut mendampingi Pj Gubernur Elen Setiadi ketika silaturahmi dengan Pangdam II/Sriwijaya kali ini Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Sumsel, Edward Candra bersama dengan sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait lainnya.