PALEMBANG, HS – Meningkatkan kesadaran masyarakat, Pangdam II/Swj Mayjen TNI Agus Suhardi bersama komunitas pesepeda mensosialisasikan pedagang Pasar Lemabang Palembang dan warga soal pentingnya penggunaan masker dalam pencegahan dan memerangi Virus Corona di tengah masyarakat.

Secara khusus, sambil menggunakan sepeda bersama komunitas sepeda di Palembang, Pangdam II/Swj Mayjen TNI Agus Suhardi menyampaikan pihaknya akan terus bergerak untuk memberikan edukasi akan pentingnya pemakaian masker saat tengah aktifitas berada di luar rumah terutama di pasar pasar.

“Dipilihnya lokasi pedagang pasar tradisional karena pasar merupakan tempat pertemuan banyak masyarakat yang datang untuk membeli kebutuhan rumah tangga, dan saat ini di pasar tersebut terjadi Interaksi yang masif, atau istilahnya karena di pasar, mulai dari level rendah sampai dengan level tinggi terjadi interaksi,” kata Pangdam saat mengunjungi Pasar Lemabang Palembang, Selasa (11/08/2020).

Diakui Jenderal Bintang Dua ini bahwa, sebenarnya dirinya dan rombongan sekalian berolahraga untuk melihat bagaimana implementasi kedisiplinan masyarakat dalam menerapkan Protokol Kesehatan di tengah pandemi Covid-19 pada saat ini.

“ Jadi kami-kami di sini sebenarnya dalam upaya mempengaruhi, menggugah, membangkitkan dan memotivasi masyarakat supaya dia ada disiplin pribadi untuk menggunakan masker, kalau menggunakan masker ini kan kita tidak menularkan dan tidak tertular,” urainya lagi. Sehingga perkembangan Covid-19 dapat dieliminir, dapat dicegah sehingga perekonomian negara akan meningkat, seperti yang diharapkan bersama. Kalau di pasar sudah tertib tentu bisa diyakini ditempat lain seperti Mall, tempat hiburan juga akan ikut tertib.

“Intinya kita tidak pernah bosan mengingatkan kepada masyarakat tentunya dengan situasi yang kondusif, terus mendorong, menggugah, membangkitkan dan memotivasi masyarakat sehingga nantinya di masyarakat akan timbul disiplin pribadi menggunakan masker,” ujarnya.

Ditegaskannya strategi yang paling jitu menghadapi Vitus Corona atau Covid-19 ini adalah budayakan hidup sehat serta selalu menggunakan masker, karena diri akan terlindungi dan nanti tidak menularkan orang.(Rill/RN)