OKI, HALUANSUMATERA.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Komering Ilir menggandeng PT Pos Indonesia untuk pengiriman dokumen administrasi kependudukan. Langkah terobosan tersebut, merupakan salah satu upaya untuk menekan penyebaran Covid-19, sekaligus mengurangi terjadinya kerumunan.

Penandatanganan kesepakatan tersebut, dilaksanakan pada Rabu (27/1/2021) antara Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten OKI Hendri SH MM dan Kepala Kantor Pos Palembang Risda, disaksikan oleh Bupati OKI yang diwakili asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda OKI Antonius Leonardo.

Melalui kerjasama ini, pemohon cukup menunggu di rumah dan tidak perlu lagi antri mengambil dokumen kependudukan di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Ogan Komering Ilir. Sementara itu, proses pembuatan dokumen administrasi kependudukan, pemohon juga dapat mengajukan melalui sistem online.

“Alhamdulillah, kerjasama dengan PT Pos ini merupakan bentuk pelayanan prima dari Disdukcapil kepada masyarakat di tengah pandemi Covid-19. Dokumen tersebut, nantinya diantar langsung sampai ke rumah warga. Semua kegiatannya juga tetap mengacu protokol kesehatan,” tutur Antonius mewakili Bupati Ogan Komering Ilir.

Kadisdukcapil OKI Hendri mengatakan, dengan adanya pengiriman melalui PT Pos, masyarakat tidak perlu berbondong-bondong datang ke Kantor Disdukcapil sekadar untuk mengambil dokumen kependudukan seperti KTP elektronik, KK, KIA, Akta kelahiran serta dokumen lain. Disamping itu, masyarakat tidak perlu mengeluarkan biaya.

“Setelah semua syarat dilengkapi, selanjutnya pemohon cukup menunggu di rumah saja, karena dokumen administrasi kependudukannya diantar oleh petugas Pos. Masyarakat juga tidak perlu mengeluarkan biaya, gratis,” terang Kadisdukcapil OKI Hendri.

Kepala Kantor Pos Palembang, Risda menambahkan, layanan ini merupakan sinergitas antara POS dan Pemkab OKI dalam mengirimkan dokumen. Kantor Pos hadir untuk memberikan solusi pelayanan kepada masyarakat.

“Masyarakat tidak ditarik dana lagi ongkos kirim alias gratis. Ini sebagai inovasi baru. Masyarakat senang hanya tunggu di rumah Saja,” ujar Risda.

Dia menyebut petugas Pos akan langsung menyampaikan dokumen kependudukan ke pemiliknya. Sementara, untuk wilayah perairan OKI terangnya PT Pos telah memiliki perwakilan di Kecamatan tersebut.

“Jadi kita antarkan, untuk wilayah perairan kita antar ke Kepala Desanya. Target berapa yang dikirim tergantung dari Disdukcapil, kita maksimalkan untuk dikirim,” pungkasnya. (nurlis)