Taukah Anda Kayu Secang Bermanfaat Untuk Kesehatan

2 tahun ago
219
Kayu Secang

PALEMBANG,HS – Secang atau sepang (Caesalpinia sappan L.) adalah perdu anggota suku polong-polongan (Fabaceae) yang dimanfaatkan pepagan (kulit kayu) dan kayunya sebagai komoditas perdagangan rempah-rempah.Asal usul tumbuhan ini tidak diketahui dengan pasti;[3] namun telah sejak lama dibudidayakan orang di wilayah India, Asia Tenggara, Malesia, hingga Pasifik, terutama sebagai penghasil bahan pewarna dan juga bahan obat tradisional.[4] Ia dikenal dengan berbagai nama, seperti seupeuĕng (Aceh); sepang (Gayo); sopang (Toba); sapang, cacang (Mink.); sĕpang, sĕcang (Btw.); sĕcang (Sd.); kayu secang, soga jawa (Jw.); kajo sècang (Md.); cang (Bl.); sĕpang (Sas.); supa, supang (Bm.); sapang (Mak.); sĕpang (Bug.); sèpè (Rote), sèpèl (Timor), hapé (Sawu), hong (Alor); sèfèn (Weda), sawala, singiang, sinyianga, hinianga (aneka dialek di Maluku Utara), sunyiha (Ternate), roro (Tidore); sema (Man.), naga, pasa, dolo (aneka dialek di Sulawesi Utara).[5] Dalam bahasa asing dikenal sebagai sappanw (wikepedia)

Taukah anda ternyata Kayu Secang ini banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan..?

Beberapa senyawa yang terkandung dalam kayu secang di antaranya brazilin, brasilein, alkaloid, flavonoid, saponin, tanin, terpenoid, dan antrakinon. Setiap potong kayu secang juga memiliki kandungan asam galat, delta-a phellandrene, oscimene, resin, resorsin, dan minyak atsiri.

Selain itu, khasiat kayu secang juga dihasilkan oleh zat khusus yang terkandung di dalamnya yaitu sappanchalcone dan Caesalpin P. Dari berbagai zat tersebutlah kemudian tercipta banyak manfaat kayu secang yang sangat berguna bagi berbagai macam penyakit.
Kandungan bahan aktif dalam kayu secang dipercaya dapat mengobati berbagai penyakit, seperti diabetes, penyakit kulit, diare, hingga disentri. Berikut potensi manfaat kayu secang bagi kesehatan tubuh, seperti dikutip dari artikel yang ditulis oleh Shrishailappa Badami dan rekannya dari J.S.S Collage of Pharmacy.

1. Anti Tumor
Salah satu manfaat kayu secang yang sudah banyak diteliti adalah sifat antitumornya. Ekstrak air dari kayu batang secang dengan tambahan 50% etanol dilaporkan menghambat perkembangan sel tumor pada tikus lab.
Tumor adalah perkembangan jaringan sel yang tidak normal. Tumor ada yang bersifat jinak, tapi ada juga yang ganas dan bersifat kanker.

2. Anti Bakteri
Infeksi bakteri adalah salah satu penyebab penyakit menular yang paling umum. Nah, salah satu manfaat kayu secang menurut beberapa penelitian adalah meningkatkan kerja sistem imun tubuh untuk melawan berbagai jenis bakteri. Contohnya Basil subtilis (penyebab muntaber/gastroenteritis), Staphylococcus aureus (penyebab bakteremia, endokarditis, osteomielitis, serta penyakit kulit), Salmonella typhi (penyebab tipes), dan E. coli (penyebab diare dan gangguan pencernaan umum). Potensi manfaat kayu secang untuk melawan bakteri diketahui muncul ketika air secang ditambahkan dengan etanol 95% sebagai pelarut minyak esensial.

3. Antiradang dan merangsang sistem imun
Berdasarkan penelitian, kayu batang secang dapat bersifat antiradang. Di antara 130 obat-obatan herbal yang diuji, kayu secang menjadi bahan obat herbal yang bisa mencegah penghambatan aktivitas hyaluronidase, yaitu protein yang dirancang secara genetik untuk menyebabkan peradangan Selain itu kandungan antioksidan brazilin dalam secang dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh pada tikus.

4. Menurunkan gula darah dan menjaga kesehatan hati
Pada sebuah penelitian, ekstrak kayu secang dapat meningkatkan metabolisme glukosa pada tikus degan hipoglikemia. Hipoglikemia adalah kondisi saat kadar gula dalam tubuh berada di bawah normal. Selain itu, senyawa brazilin juga dipercaya melindungi dan menjaga fungsi hati agar terus sehat.

Itulah beberapa manfaat kayu secang yang luar biasa. Semoga bermanfaat