• Berita
  • Tim Pengabdian Universitas Sriwijaya Dampingi Pelaku Dongkrak UMKM Naik Kelas Melalui Fotografi Produk

Tim Pengabdian Universitas Sriwijaya Dampingi Pelaku Dongkrak UMKM Naik Kelas Melalui Fotografi Produk

3 hari ago
66

PALEMBANG,HALUANSUMATERA.COM- Salah satu wujud pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni Pengabdian kepada masyarakat, maka Universitas Sriwijaya ( UNSRI) melalui tim pengabdian Fakultas ilmu Sosial dan ilmu Politik (FISIP) sukses menggelar pendampingan fotografi produk kepada para pelaku usaha UMKM di Desa Sungai Pinang yang berlangsung di Kantor kepala desa sungai Pinang kecamatan Rambutan Kabupaten Banyuasin,Jumat ( 5 /08 /2022).

Dengan mengusung tema ” pendampingan pemasaran badan Promosi berbasis Digital pada pelaku usaha mikro ,kecil dan menengah melalui Fotografi produk “.

Hadir dalam kegiatan ini kepala desa sungai rambutan bersama 18 pelaku usaha yang menjual berbagai produk konsumsi.

Ketua Tim pengabdian Fisip UNSRI ,Frisha Sestri Musdalifah,SmSos,M.Si dalam sambutannya mengatakan bahwa inisiasi kegiatan ini berawal dari keluhan para pelaku usaha di Desa Sungai Pinang, yang tidak tahu bagaimana membuat foto produk menarik pada kegiatan pengabdian tahun lalu sebelumnya ujarnya

Sehingga kegiatan kali ini diselenggarakan,untuk membantu para pelaku usaha, agar dapat siap melakukan pemasaran melalui market place dan platform online lainnya .Dengan menggunakan tampilkan foto produk yang lebih menarik terangnya.

Frisha Sestri berharap para pelaku UMKM didesa Sungai Pinang didorong agar terlibat aktif dala beberapa kegiatan yang dilakukan,antara lain pelatihan melalui pemaparan materi dan sesi diskusi serta praktik langsung mengenai fotografi produk.

Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan perlengkapan sederhana seperti kardus bekas ,kertas karton dan senter ,disini tim pengabdian akan mengubahnya menjadi Softbox yang digunakan sebagai mini studuo.

Para pelaku UMKM desa sungai Pinang kemudian didampingi oleh dosen infrastruktur bersama mahasiswa periklanan ,ilmu komunikasi untuk mengambil gambar produk ya sendiri yang telah mereka bawa.

Kepala desa sungai pinang Sustrianti di tempat yang sama mengungkapkan apresiasi yang tinggi dan rasa terima kasih yang sebesar – besarnya atas dukungan dan kepedulian tim pengabdian FISIP UNSRI untuk masyarakat Desa Sungai Pinang yang telah merintis usahanya.

” Kami bangga dan berterima kepada teman – teman UNSRI ,dengan potensi desa kami yang dekat dengan kota ,kami mengharapkan UMKM kami dapat naik kelas dengan makin meluasnya pemasaran melalui pengetahuan teman – teman bagikan kepada masyarakat desa kami” pungkasnya.
( Yanthi M)