• Berita
  • Tim PPM Pendidikan Fisika FKIP Unsri Buka Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Bagi Guru-guru SD Sekota Palembang

Tim PPM Pendidikan Fisika FKIP Unsri Buka Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Bagi Guru-guru SD Sekota Palembang

2 bulan ago
1962

PALEMBANG,HALUANSUMATERA.COM- Saat ini, pembelajaran disetiap jenjang pendidikan tidak terlepas dari penggunaan teknologi. Pengembangan kemampuan guru dalam berinovasi pada proses pembelajaran menjadi poin penting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Namun pada kenyataannya belum semua guru “melek” teknologi.

Berpijak pada hal tersebut, maka Tim PPM Pendidikan Fisika FKIP Universitas Sriwijaya yang diketuai oleh Dr. Sardianto Markos Siahaan,M.Si.,M.Pd. dan beranggotakan Evelina Astra Patriot,S.Pd.,M.Pd., Dwi Cahaya Nurani, S.Pd.,M.Pd. dan Anugrah Agung Ramadhan,S.Pd.,M.Pd.T. dengan melibatkan beberapa mahasiswa, melaksanakan pelatihan pembuatan media pembelajaran dengan menggunakan aplikasi Canva. Sasaran pelatihan adalah guru-guru SD di Kota Palembang.

Kegiatan dilaksanakan secara luring dengan tetap mengikuti protokol Kesehatan pada tanggal 8 – 11 Agustus 2022 di Laboratorium Multimedia FKIP Universitas Sriwijaya Kampus Ogan. Pelatihan ini dihadiri oleh 149 guru kelas 5 SD dari berbagai sekolah negeri maupun swasta Kota Palembang.

Pada pertemuan awal, semua tim memaparkan materi mengenai pembuatan media pembelajaran dengan menggunakan aplikasi Canva. Diawali oleh Dr. Sardianto Markos Siahaan, M.Si., M.Pd. yang memaparkan materi mengenai pembuatan poster, dilanjutkan materi pembuatan infografis oleh Evelina Astra Patriot, S.Pd.,M.Pd. Materi terakhir disampaikan oleh Dwi Cahaya Nurani, S.Pd.,M.Pd. mengenai pembuatan video pembelajaran. Selama pelatihan berlangsung terlihat antusiasme dari guru-guru yang hadir sebagai peserta PPM.

Selanjutnya, pelatihan akan dilanjutkan secara daring dalam rentang waktu empat bulan, sampai bulan November 2022 sebanyak 40 jam. Setelah pelatihan selesai dilaksnakan, diharapkan ada peningkatan kemampuan guru-guru SD kota Palembang dalam pembuatan media pembelajaran yang menarik bagi siswa.

“Pelatihan ini merupakan follow up dari kegiatan pengenalan Aplikasi Canva yang sudah saya sampaikan sebelumnya di Dinas Pendidikan Kota Palembang pada bulan Juli 2022 lalu. Harapannya, pelatihan pembuatan media pembelajaran seperti ini terus berlanjut. Sehingga guru-guru SD di Kota Palembang tidak kalah saing dengan guru-guru SD di luar Kota Palembang” ucap Dr. Sardianto Markos Siahaan, M.Si., M.Pd.

Exit mobile version