TP.PKK Kecamatan Pulau Pinang Berkreasi Makanan Dengan Bahan Dasar Ganyong

5 hari ago
82

LAHAT,HALUANSUMATERA.COM-Terkait dengan pelaksanaan lomba kreasi pengolahan pangan lokal non beras dan non terigu tahun 2022 pada hari ini,Kamis(04/08) yang bertempat di Gedung Kesenian Kabupaten Lahat,salah satu peserta adalah dari Kecamatan Pulau Pinang Kabupaten Lahat.

Oleh sebab itu Ketua TP.PKK Kecamatan Pulau Pinang Eliya Agustina,SKM.MM yang di temui awak media mengatakan bahwa pada perlombaan ini para peserta dapat mengikuti lomba dengan membuat keanekaragaman makanan yang berasal dari non beras dan terigu sesuai dengan kearifan lokal yang ada di Kabupaten Lahat.

Oleh karena itu Ketua TP.PKK Kecamatan Pulau Pinang Kabupaten Lahat berserta seluruh anggota dan para pelaku usaha membuat dan menampilkan keanekaragaman yang berbahan dasar ganyong.Adapun keanekaragaman makanan tersebut seperti kue kering semprit,stik,empek-empek,wajik,otak-otak,dan tidak kalah pentingnya minuman sehat tradisional yang terbuat dari kulit sencang.

“Tanaman Ganyong ini sangat baik di konsumsi sebagai pengganti karbohidrat beras dan terigu karena tinggi serat,rendah gula dan rendah karbohidrat.”sampainya.

Dilanjutkanya tentunya dengan rendahnya kadar gula pada makanan dengan bahan dasar ganyong ini sangat cocok untuk di konsumsi bagi masyarakat yang mempunyai kadar gula tinggi.

Kemudian sebagai pemenang juara harapan I dalam kategori kreasi pembuatan empek-empek ini juga mengharapkan agar masyarakat dapat terus berkreasi dalam pengolahan makanan lokal non beras dan non terigu dengan berbagai bahan dasar makanan yang ada di sekitarnya seperti ganyong yang mudah di dapat di Kabupaten Lahat ini.

“Kami berharap agar tanaman ganyong ini dapat di budidayakan di Kabupaten Lahat sehingga masyarakat dapat menggunakannya sebagai bahan makanan pengganti karbohidrat.”tutupnya