PALEMBANG, HALUANSUMATERA.COM – Guna mengukur kemampuan fisik, personel Bidang Humas bersama PNS Polda Sumsel, mengikuti kesamaptaan jasmani, di Lapangan Stadion Wira Bhakti Pakri Palembang, Rabu (22/9/2021).

Karo SDM Polda Sumsel Kombes Pol Ucu Kuspriyadi, melalui Kabag Watpers AKBP Fachruddin Jaya mengatakan, tes kesamaptaan jasmani ini dilaksanakan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan jasmani baik personel Polri maupun PNS Polda Sumsel.

“Dalam tes jasmani ini personel Bidhumas Polda Sumsel nampak semangat mengikuti tes ini. Ada yang berlari sambil menyapu keringatnya, salah satunya Kasubbid Multimedia Kompol Sukarminto dan ada juga personel Aipda M Aliudin yang berdo’a selesai mengikuti tes dikarenakan akan mengikuti seleksi Sekolah Inspektur Polisi,” ujarnya.

Selain itu, tampak juga salah satu personel yang sudah mengikuti program penurunan berat badan Bripka Winci dengan semangat sampai bajunya basah penuh keringat mengikuti tes kesehatan jasmani ini. Tes kesehatan jasmani ini akan dijadikan sebagai salah satu bahan pertimbangan dalam pembinaan maupun pengembaan karier personel Polri dan menjadikannya tolak ukur untuk mempersiapkan fisik serta jasmani bagi yang akan melaksanakan pendidikan.

“Untuk itu, diharapkan seluruh personel Polri dan PNS jajaran Polda Sumsel dalam pelaksanaanya dapat bersungguh sungguh dengan tetap mengutamakan unsur safety,” harapnya.

AKBP Fachruddin Jaya juga menjelaskan, bahwa tes samapta ini dilaksanakan setiap enam bulan sekali (setiap semester) yang bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan fisik personel Polda Sumsel dan hasil tes digunakan sebagai bahan laporan semester, sehingga tes semapta ini mutlak dilaksanakan oleh seluruh personel setiap enam bulan sekali.

“Kegiatan ini diselenggarakan oleh anggota Watpers Ro SDM Polda Sumsel dengan dinas personel dan untuk penilaianya pun disesuaikan dengan usia,” jelasnya.

Tambahnya, sebelum pelaksanaan tes samapta, terlebih dahulu dilaksanakan cek tensi tekanan darah oleh seksi kesehatan dan maksud diadakan cek kesehatan ini untuk mengetahui kesiapan seluruh personel bisa mengikuti samapta atau tidak, karena apabila ada anggota yang tekanan darahnya tinggi maka tidak diperbolehkan mengikuti test samapta dan diharapkan pelaksanaan samapta kali ini tidak ada kejadian yang tidak diinginkan.

“Para personel Polda Sumsel menjalani Tes Samapta A dan B bagi Personel Polri, sedangkan PNS hanya melaksanakan Samapta A saja. Adapun materi Tes kesamaptaan jasmani meliputi samapta A yaitu lari sejauh 2.400 meter dan samapta B terdiri dari `pull up, sit up, push up, dan suttle run,” terangnya.

“Hasil akhir dari pelaksanaan tes kesamaptaan jasmani yang rutin dilaksanakan ini, adalah terciptanya kondisi fisik yang prima bagi seluruh personel Polda dan jajaran, sehingga dapat menunjang pelaksanaan tugas pokok Polri dengan baik,” pungkasnya. (*)