Wagub Sumsel Harapkan UMKM Segera Bangkit dari Keterpurukan Pasca Pandemi

2 bulan ago
34

PALEMBANG, HALUANSUMATERA.COM – Wakil Gubernur Provinsi Sumsel H. Mawardi Yahya membuka secara  resmi Bazaar Klaster Mantriku yang ditujukan untuk menggeliatkann majuan Usaha  Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Provinsi Sumatera Selatan. Kegiatan tersebut bertempat  di Atrium Opi Mall Jakabaring, Jumat (3/12/2021) petang. 

Wakil Gubernur Mawardi Yahya dalam sambuatnnya  mengatakan, Gelaran bazaar klaster Mantriku dapat memberikan wadah kepada para pelaku UMKM untuk mengembangkan dan memasarkan produk-produk unggulannya pasca pandemi.

Hal ini, sejalan dengan upaya Pemprov  Sumsel yang  terus berupaya mendorong UMKM untuk on board ke Platform digital dengan menyiapkan aplikasi e- commerce SUMSELMALL dan IBS Sumsel (Integrated Bussines Star-up).

Selain itu dengan meningkatkan kapasitas SDM pengurus Koperasi dan pelaku UMKM melalui berbagai jenis pelatihan serta bantuan alat produksi untuk masyarakat miskin.

“Apresiasi yang setinggi-tinginya pada Bank Rakyat Indonesia Cabang Palembang yang telah menyelenggarakan Event ini. Semoga UMKM di Sumsel cepat bangkit untuk menyongsong era baru yang lebih baik,” tegaanya.

Mawardi berharap, Bazaar  yang menghadirkan 18 UMKM terpilih binaan BRI mulai dari UMKM kuliner, kriya, kain tradisional, klaster kopi, klaster rotan dan lainnya.

“Pemprov Sumsel tetap berharap Bank BRI Cabang Palembang rutin menggelar kegiatan seperti ini. Sehingga semakin memotivasi kontribusi para mantri dan para pelaku UMKM Indonesia khususnya di Provinsi Sumsel,” imbuhnya.

Sementara Regional Ceo BRI Anto Arianto mengatakan, Kegitan bazaar klaster mantriku merupakan kegiatan rutin yang digelar bank BRI, sebagai wujud bahwa bank BRI berkomitmen mengembangkan umkm terutama di masa pandemi. 

Menurutnya, Bazar ini  dilakukan untuk mengangkat produksi atau hasil budi daya dari masyarakat atau umkm untuk bisa naik kelas. 

“Bank BRI saat ini kembali kepada bank fitrahnya sebgai bank umkm, nyatanya 2021 kurang lebih 80% bank BRI sudah melayani umkm,  diharpakan pelaku umkm yang ada dapat kita tangani, mempermudah akses umkm untuk mengaskses perbankan,” tambahnya 

Hadir pula dalam kesempatan ini, Deputi Direktur Pengawasan Lembaga Keuangan OJK Regional 7 Muhammad Subandi, Ketua ICSB Sumsel Hj. Samantha Tivani Herman Deru dan Wakil Kepala Cabang PT PNM Palembang Dedet Oktavi. (*)