Wakil Bupati Abdya : Pelatihan Sigap bencana sangat penting

6 bulan ago
111

ABDYA, HALUAN SUMATERA.COM-Taruna Siaga Bencana (Tagana), Badan Koordinasi Antara Desa (BKAD) Kecamatan Susoh Kabupaten Aceh Barat Daya gelar Pelatihan Kesiapsiagaan tagana gampong (desa), Sabtu (13/11/2021). Kegiatan tersebut berlangsung selama dua hari mulai tanggal 13 dan 14 November 2021, dilaksanakan di Desa Rubek Kecamatan Susoh Kabupaten Aceh Barat Daya.

Wakil Bupati Aceh Barat Daya, Muslizar, MT dalam sambutannya mengatakan, pelatihan kesiapsiagaan tagana desa ini bertujuan untuk melatih para Personil Tagana ditingkat gampong untuk selalu siap siaga dalam menghadapi bencana.

“Karena sejatinya bencana itu datang tidak pernah memberi kabar terjadinya, kapan, dimana, dalam bentuk apa dan untuk siapa, Makanya kita harus siap,” ujarnya.

Personil Tagana juga harus siap secara fisik, mental dan keahlian dalam mengahadapi bencana, “Jangan sampai kita menolong orang yang musibah justru kita yang musibah,” Tegasnya

Kemudian Bencana yang di maksud bukan hanya saja Bencana Alam, tapi Bencana sosial, kerawanan sosial dan wabah seperti Covid-19 yang sedang melanda di Negara yang kita cintai ini.

“Kami berharap kepada seluruh sahabat tagana untuk dapat membantu dan bekerja sama dengan TNI polri serta pekerja sosial lainnya di lapangan tat kala ada bencana. Personil Tagana adalah relawan yang tidak di gaji tapi lebih kepada pengabdian dengan panggilan hati nurani untuk membantu sesama,” tutupnya.

Acara tersebut turut dihadiri  Wakil Bupati, ketua Tagana kabupaten, ketua Tagana Susoh, Danramil Susoh, Kapolsek Susoh, Camat susoh serta seluruh kepala desa se- kecamatan Susoh. (Nita)