Palembang,HS – Perhari ini di Sumatera Selatan tidak ada penambahan kasus positif Covid-19, sehingga kasus covid-19 di Sumsel tetap 156 orang. Hal ini diungkapkan juru bicara gugus tugas penanganan covid-19 di sumsel, Nur Purwoko, Sabtu (2/5/2020).

“Hari ini tidak ada penambahan positif Covid-19, sehingga totalnya masih156 yang positif Covid-19 di Sumsel,” katanya

Menurutnya, Meskipun tidak ada penambahan kasus positif baru, namun Tim Gugus Tugas Covid-19 tetap mencatat adanya penambahan pasien dalam pemantauan (PDP), yang mengalami penambahan drastis sebanyak 21 orang. Total, secara kumulatif PDP kini berjumlah 234 orang.

Ia juga menjelaskan, alasan jumlah kasus PDP di Sumsel meningkat drastis, karena kasus baru yang terkonfirmasi positif terus meningkat.

“Saat ini Sumsel bukan berada pada fase menurun, tapi fase meningkat. Jadi PDP-nya otomatis bertambah,” jelasnya.

Ia juga menyampaikan, selain kasus positif, pasien sembuh dan meninggal juga tidak mengalami perubahan. Untuk konfirmasi pasien sembuh masih 29 orang dan meninggal masih 4 orang.

“Jadi tidak ada penambahan konfirmasi pasien positif yang sembuh maupun yang meninggal. Jumlahnya tetap sama dengan yang kemarin,” tuturya.

Untuk menanggulangi kasus PDP tersebut, dirinya meminta supaya masyarakat terus mematuhi aturan dari Pemerintah dengan selalu memakai masker, menerapkan social distancing dan physical distancing.

“Pakailah selalu masker saat keluar rumah, jaga selalu kebersihan, seperti rajin mencuci tangan memakai sabun di air mengalir dan hindari keramaian,” ungkapnya.

Gugus Tugas Sumsel mencatat, untuk jumlah kasus orang dalam pemantauan (ODP) per hari ini, sebanyak 1.573 orang. Dan untuk PDP sebanyak 234 orang. Telah selesai pengawasan 124 dan masih dalam pengawasan 110 orang.

“Untuk jumlah sampel yang diperiksa BBLK (Balai Besar Laboratorium Kesehatan) Palembang berjumlah 1.042 sampel, terdiri dari sampel dari OTG 714 sampel, PDP 264 sampel dan ODP 64 sampel,” tutupnya