LAHAT, HALUANSUMATERA.COM – Bertempat di halaman parkir Hotel Grand Zuri Lahat, hari ini Minggu (11/4/2021), di gelar jemur bonsai bersama oleh Lahat Bonsai Society Art dan All Bonsay Lahat.

Dalam hal ini, Ketua Pelaksana Kegiatan Muhammad Abdu SE menyampaikan, kegiatan ini terlaksana berkat kerjasama dari semua komunitas bonsay yang ada di Kabupaten Lahat.Dan untuk saat ini ada sekitar 127 pot yang berasal dari seluruh pecinta bonsay yang ada di Kabupaten Lahat.

“Kita mencoba hari ini untuk pertama kalinya menjemur bersama atau bahasa Lahat “sehempak ngampae bonsay” dari penggiat bonsay yang ada di Kabupaten Lahat,” ujarnya.

Oleh karena itu acara ini terlaksana di mulai dari hari Sabtu dengan penerimaan bonsay yang di lanjutkan dengan hari ini penilaian untuk semua bonsay yang ada oleh dewan juri dari Palembang.Setelah penilaian nantinya akan ada acara penancapan bendera dengan nilai untuk bendera hijau baik dan bendera merah adalah bonsay sangat baik.

Untuk selanjutnya ada dua kelas dalam penilaian ini yaitu kelas prospek yang mempunyai sifat bonsay masih dalam proses dan kelas regional yang mempunyai sifat bonsay yang sudah cukup baik Adapun tujuan di laksanakan acara ini untuk menghimpun komunitas penggiat bonsay yang ada di Kabupaten Lahat.

“Kami berharap dengan adanya acara ini para penggiat bonsay yang ada di Kabupaten Lahat dapat lebih bersemangat lagi untuk menuju pameran bonsay nasional yang akan di laksanakan di Palembang pada tanggal 6 Juni 2021 nanti,” harapnya. (Rochmi)