PALEMBANG,HS – Menjelang perhelatan Akbar Asian Games XVIII 2018 di Jakarta dan Palembang, panitia daerah provinsi Sumatera Selatan menggelar tes event dalam rangka uji coba venue cabang olahraga yang akan dipertandingkan di Palembang 18 Agustus-2 September mendatang.

Ketiga tes event tersebut diantaranya, sepak bola wanita (AFF Womens Championship 27-14 Juli), Kejuaraan Menembak Sriwijaya Open 6-13 Juli, serta yang akan berlangsung besok, Sabtu (14/7/2018) yakni, kejuaraan perahu naga Piala Presiden 12-15 Juli.

Ketua panitia daerah Asian Games Sumatera Selatan Muddai Madang mengatakan, ketiga tes event ini merupakan tes event yang terakhir yang dilaksanakan di komplek olahraga Jakabaring Sport City menjelang perhelatan Asian Games mendatang.

“Setelah event ini, semua venue cabang olahraga yang ada di komplek JSC akan disterilkan guna persiapan Asian Games. Semua venue sudah hampir selesai semua dan siap digunakan untuk Asian Games,” katanya, saat jumpa pers di venue dayung, Jumat (13/7/2018).

Ia menjelaskan, selain untuk uji kelayakan venue, event ini juga sekaligus sebagai simulasi pelaksanaan Asian Games yang akan berlangsung beberapa hari lagi.

“Besok dibuka bapak presiden Jokowidodo, sekaligus meresmikan venue dayung (Jakabaring Rowing dan Canoeing Regatta Course),” ujarnya.

Sementara itu, Sekertaris Jenderal (Sekjen) Pengurus Besar Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PB-PODSI) Edy Suyono mengatakan, dalam lomba dayung perahu naga atau traditional boat race (TBR) akan diikuti 22 tim putra dan putri dari 18 provinsi se-Indonesia, dengan dua kategori yang dipertandingkan diantaranya, nomor 500 meter dan 200 meter putra dan putri.

“Uji coba atau tes event ini sangat penting dalam memastikan suksesnya perhelatan lomba dayung Asian Games mendatang, sekaligus mengukuhkan venue dayung yang merupakan kebanggaan masyarakat Sumsel yang bertaraf olimpiade serta yang pertama kali di Indonesia,” katanya.