5u6a8733PALEMBANG,HS – Akademik Kesehatan Lingkungan (AKL) tenaga yang dibutuhkan untuk sekarang ini, dimana tenaga kesehatan lingkungan mempunyai andil besar dalam mewujudkan masyarakat sehat.

Hal ini diungkapkan oleh Wakil Gubernur Sumatera Selatan H Ishak Mekki saat menghadiri wisuda XIV lulusan Akademi Kesehatan Lingkungan (AKL) Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan Tahun Akademik 2015-2016 di Hotel Aryaduta Palembang, Rabu (28/9).

Menurutnya, kalau kita sehat pasti jiwa sehat, kalau jiwa sehat negara kita bisa kuat, untuk itulah sangat penting mewujudkan kesehatan.

Ishak juga mengucapkan terimah kasih kepada direktur dan dosen yang telah memberikan pengarahaan baik dibidang ilmu dan lainnya, sehingga mahasiswa/wi bisa menyandang predikat sarjana.

“Saya yakin wisuda hari ini betul-betul disiplin dan mengikuti kuliah dengan baik, seingga bisa menghasilkan apa yang dicita-citakan,” katanya.

Provinsi Sumsel terus mendorong bagaimana supaya wisudawan bagi alumni AKL nanti bisa beradaptasi dengan masyarakat dan bisa mengabdikan diri.

“Banyak tempat pekerjaan yang menunggu saudara, karena AKL sangat tidak banyak apalagi langsung di bawah binaan Dinas Kesahatan Provinsi Sumsel. Harapan saya agar persiapkan diri untuk bekerja dengan baik dan mengabdi di daerah masing-masing baik itu di pemerintah dan instansi lainnya,” tandasnya.

Sementara Direktur Akademik AKL Pemprov Sumsel, H Kamsul mengucapkan, selamat atas lulusan AKL angkatan 14, semoga berguna bagi bangsa dan negara.

Pada saat ini jumlah almuni angkatan pertama sampai angkatan 14 sebanyak 799 orang, untuk wisuda angkatan XIV sebanyak 90 orang.

AKL sendiri berjenjang selama 3 tahun yang terdiri 6 semester dan 118 SKS dan mempunyai pengalaman belajar yang baik. ada teori, diskusi dan praktek awal. Untuk praktek dilapangan seperti tempat wisata, dinas kesehatan, hotel, sekolah dan puskesmas kabupaten/kota.(MDN)