PALEMBANG,HS – Musibah bencana alam gempa bumi yang terjadi di Lombok Provinsi Nusa Tenggara Barat, 5 Agustus lalu telah memancing rasa peduli Ketua Umum DPP Forum Sekretaris Daerah Seluruh Indonesia (FORSESDASI) Nasrun Umar. Tak harus menunggu lama, di bawah kepimpinannya Forsesdasi pun langsung menggelontorkan bantuan untuk korban bencana tersebut.
Dikatakan Sekda Sumatera Selatan Nasrun Umar, bantuan tersebut adalah bentuk solidaritas dan keperihatinan FORSESDASI atas musibah yang menimpa korban gempa Lombok.
“Di Sumatera Selatan kita sudah lakukan lebih dulu, semua Sekda kabupaten dan kota sudah dikerahkan . Selanjutnya kita mengajak seluruh Sekda Provinsi se-Indonesia untuk memberikan bantuan secara sukarela juga,” tuturnya.
Atas nama Ketua Umum FORSESDASI, Nasrun juga menghimbau kepada Sekda Provinsi se-Indonesia untuk melakukan hal serupa. Dengan kerjasama ini dia meyakini bantuan yang bisa disumbangkan akan lebih besar nilainya.
Lebih jauh Nasrun menjelaskan khusus di 17 kabupaten dan kota di Sumatera Selatan dana yang terkumpul mencapai puluhan juta. Bantuan ini telah dikumpulkan melalui Direktur Eksekutif DPP FORSESDASI Abdul Hamid yang juga merupakan Kepala Biro Organisasi Setda Provinsi Sumatera Selatan.
“Setelah kami kumpulkan, dana tersebut langsung kami kirimkan ke Pos Komando Gempa Bumi Lombok melalui Bank BRI pada hari Rabu, (15/8) atas nama Konwil Sumatera Selatan FORSESDASI. Total dananya ada sebanyak Rp20.000.000,” ucapnya.
Menurut Abdul Hamid, bantuan ini secepatnya mereka berikan supaya dapat dipergunakan para korban bencana, sehingga mampu meringankan beban mereka yang terkena musibah. Mengingat jumlah korban cukup banyak dalam kejadian tersebut.