PALEMBANG,HS – Pemerintah Provinsi Sumsel resmi ditunjuk sebagai provinsi pertama yang dibolehkan mengekspor hasil pangannya, hal ini membuat pemprov sumsel terus mengoptimalkan hasil produksi padinya, salah satu hal yang dilakukan untuk menggenjot produktivitas yakni dengan mengoptimalkan jaringan irigasi yang ada.

“Jaringan irigasi yang berada di bawah kewenangan dinas pengelolaan sumber daya air (PSDA) Sumsel mampu mengaliri lebih dari 90 ribu hektar lahan yang ada, dan kesemua jaringan telah kami optimalkan sepanjang 2019 ini,” kata Kepala Dinas PSDA Sumsel Darma Budi melalui Kabid Rekayasa Teknis PSDA Sumsel, Numeri saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (17/1/2020)

Ia memaparkan, kurun 2019 semua proyek irigasi baik perawatan, rehat serta peningkatan kapasitas telah dilakukan.

“2020 ini semua paket kami paket perawatan dan pengoptimalan,” pungkasnya.

Ia merinci dari total 90 ribu lebih lahan yang dialiri jaringan irigasi sumsel tidak semuanya jaringan irigasi permukaan, sebagian merupakan jaringan irigasi rawa.

“49.509 ha irigasi permukaan, sementara irigasi permukaan 41.541 Ha irigasi rawa, selain menjaga kualitas jaringan irigasi kami juga memastikan pasokan airnya,” ungkapnya

Itulah sebabnya, kata dia belum ada rencana penambahan jaringan irigasi baru, pasalnya pihaknya belum menemukan akses air yang bisa dialirkan ke jaringan irigasi.

“Memang masih diperlukan, sebab kalau mau menggenjot hasil pertanian tentu dibutuhkan penambahan jaringan irigasi, persoalanya bukan sekadar jaringannya tapi akses air untuk mengalirinya, itulah sebab kami terus melakukan studi dan survey kemungkinan daerah mana yang bisa ditambah jaringan irigasi baru,”paparnya.

Ia melanjutkan, irigasi ini dapat meningkatkan produktivitas pertanian di Sumsel. Apalagi, sistem irigasi yang selama ini masih mengandalkan siklus musiman, maka debit air untuk pertanian akan lebih meningkat setelah rehabilitasi ini selesai dikerjakan.

“Sumsel memang belum ada penambahan irigasi baru, jadi kita fokus pada pembenahan seperti aliran rawanya,” tutupnya(Ron)