PALEMBANG,HS – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia Zainudin Amali, menyebut stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, sangat layak menjadi tuan rumah piala dunia U-20 tahun 2021 nanti.

“Saya sangat puas melihat fasilitas olahraga yang ada di komplek JSC dan juga termasuk stadion GSJ,” kata Zainudin saat membuka Bowling World Cup di komplek JSC, Minggu, (17/11/2019).

Menurutnya, Meskipun memuji stadion GSJ, dirinya mengaku keputusan menjadi stadion tuan rumah Piala Dunia U-20 itu merupakan keputusan langsung dari FIFA.

“Ya stadion GSJ termasuk yang diusulkan bersama sembilan stadion yang lainnya. Tetapi, yang menentukan nanti bukan Menpora melainkan FIFA langsung yang menunjuk nanti,” katanya

Ia mengaku, pemerintah akan membantu pengembangan komplek JSC dengan segala fasilitas berskala internasional untuk menjadi tuan rumah pada ajang nasional hingga internasional.

“Pemerintah akan memberikan perhatian khusus kepada komplek JSC ini karena fasilitas disini sangat luar biasa bagusnya. Jangan sampai, fasilitas olahraga disini terbengkalai setelah Asian Games tahun lalu,” tuturnyanya

Sementara, Gubernur Sumsel Herman Deru mengungkapkan dengan adanya ajang ini membuktikan bahwa Sumsel layak sebagai tuan rumah ajang ajang internasional lainnya.

“Hari ini Kita resmikan kejuaaran Bowling World Cup yang di ikuti 77 negara saya, ini menjadi indikator bahwa Sumsel aman dan nyaman dan layak di kunjungi buktinya ada sekian banyak atlet dari 77 negara yang meramaikan sumsel berdampak pada kepercayaan dunia untuk even even berikutnya terutama ekonomi di Sumsel,” tutupnya